10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Liburan ke Lampung-Palembang

Sepenggalinfo.com – Mengunjungi tempat wisata adalah salah satu cara terbaik menghabiskan waktu liburan. Tidak harus ke luar negeri, Indonesia pun memiliki ratusan kawasan yang layak dikunjungi. Misalnya, dengan menjelajahi Lampung dan Palembang bersama teman-teman. Kedua wilayah tersebut sarat keragaman khas nusantara. Mulai dari penduduk, kuliner, hingga kontur alamnya.

Perjalanan ke Lampung dan Palembang bisa ditempuh melalui jalur udara maupun laut. Kalau lewat jalur udara, Anda bisa berangkat dari bandara di kota besar. Misalnya, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Ahmad Yani Semarang. Namun, booking kursi di pesawat tidak semudah memesan tiket kereta api. Jika benar menggunakan transportasi ini, siapkan tiket lebih dini.

Baca juga : Ini 10 Jebakan yang Harus di Waspadai Saat Liburan ke Eropa

Jika Anda tertarik menjelajahi Lampung-Palembang, berikut ini sepuluh hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat ke sana.

  1. Pilih Jalur Laut agar Hemat Biaya

Pilih Jalur Laut agar Hemat Biaya – image-serve.hipwee.com

Kalau naik pesawat, Anda harus membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Karena itu, pilih kapal feri sebagai alat transportasi menuju Lampung. Tarif terendahnya Rp13.000 untuk penumpang dewasa kelas ekonomi. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Merak Banten dan berakhir di dermaga Kota Bandar Lampung.

  1. Jangan Lupa Membawa Peta

Jangan Lupa Membawa Peta – hariannusantara.com

Bagi yang datang dari luar Sumatera, sebaiknya membawa peta. Pasalnya, pulau ini sangat luas. Keberadaan peta akan memudahkan Anda menentukan arah. Bentuknya tidak harus selembar kertas. Anda pun bisa menggunakan aplikasi smartphone, seperti Google Map, GPS, dan HERE WeGo.

  1. Naik Kereta Api dari Lampung

Naik Kereta Api dari Lampung – services.lampungpro.id

Jalur rel di Pulau Sumatera memang tidak panjang seperti di Jawa. Hanya kota metropolitan yang memiliki alat transportasi tersebut. Salah satunya adalah Kota Bandar Lampung. Kawasan ini mempunyai Stasiun Tanjungkarang sebagai tempat pemberhentian sekaligus pangkalan kereta api.

Baca Juga : Festival Bumi Rafflesia, ini 11 himbauan dasar masuk kawasan habitat Bunga Rafflesia

Supaya perjalanan ke Palembang lebih nyaman, Anda bisa naik kereta api. Kalau enggan mengantre di loket, silakan pesan tiket kereta api di situs Traveloka. Lama perjalanan menggunakan alat transportasi ini sampai ke Stasiun Kertapati Palembang sekitar 9-10 jam.

  1. Pilih Penginapan Murah di Pusat Kota

Pilih Penginapan Murah di Pusat Kota – businessscooptoday.com

Supaya mudah mengakses berbagai tempat, pilihlah hotel yang berlokasi di kota. Anda dapat mencari referensi hotel murah melalui situs online, seperti Traveloka. Selain bisa menghemat biaya liburan, kondisi penginapan di kota lebih aman. Pasalnya, dekat dengan di pusat keramaian.

  1. Gunakan Jalur Wisata

Gunakan Jalur Wisata – www.oibro.com

Percaya atau tidak, menggunakan jalur wisata bisa menghemat ongkos perjalanan. Misalnya, saat berada di Lampung, pilih jalur wisata pantai selama satu hari. Anda bisa mengunjungi beberapa pantai, seperti Puri Gading, Duta Wisata, Tangkil, dan Pulau Pahawang.

  1. Cerdas Memilih Makanan

Cerdas Memilih Makanan – images.detik.com

Kota Palembang memang pusat kuliner paling diminati wisatawan. Konon, masakan orang Palembang memiliki rasa khas. Namun, Anda harus memilih santapan yang tepat. Pastikan tempat makan tersebut berlabel halal. Jika ingin mendapatkan makanan murah, pilih warung kaki lima.

Baca juga : Mahasiswa semester akhir temukan ” Naga ” di Bengkulu, postingannya menjadi viral di dunia maya

  1. Bawa Teman

Bawa Temen – www.wowkeren.com  

Banyak orang yang memilih traveling sendirian karena dianggap lebih menyenangkan. Tanpa perlu meminta persetujuan siapa pun, Anda bebas menentukan arah perjalanan. Namun, abaikan hal itu ketika memutuskan pergi ke Sumatera. Bawalah teman meskipun hanya satu orang.

  1. Hindari Naik Taksi, Pakai Bus atau Angkutan Saja

Hindari Naik Taksi, Pakai Bus atau Angkutan Saja – hariliburnasional.com

Sebenarnya, naik taksi lebih nyaman ketimbang kendaraan umum. Namun, bagi yang bujetnya terbatas, ini menjadi perkara serius. Apalagi belum mengenal dengan baik wilayah Sumatera. Mungkin saja, biaya perjalanan bertambah hanya karena Anda salah arah.

  1. Mampir ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera

Mampir ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera – iklantravel.com

Sungai Musi dan Jembatan Ampera adalah ikon Kota Palembang. Keduanya berada dalam satu jalur. Sungai Musi mengalir di bawah Jembatan Ampera. Banyak orang mengatakan, Anda belum ke Palembang kalau tidak singgah ke tempat ini. Soal lokasi, tenang saja karena terletak di pusat kota. Banyak kendaraan umum yang melintas di kawasan tersebut.

  1. Sedia Kotak P3K

Sedia Kotak P3K – autobild.co.id

Kotak P3K harus dibawa saat bepergian ke mana pun, termasuk traveling. Pasalnya, Anda tidak bisa memprediksi hal buruk yang tiba-tiba datang. Karena itu, isi kota tersebut dengan obat-obatan, Betadine, kapas, serta perban.

Baca juga : 7 oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib kamu Beli

Itulah sepuluh hal yang wajib diperhatikan sebelum liburan ke Lampung-Palembang. Untuk mendapatkan informasi tiket kereta api di kota tersebut, bisa melalui agen online. Selain memperoleh jadwal keberangkatan, Anda pun bisa memesannya. Layanan sejenis ini pun dapat dinikmati para pelanggan setia situs Traveloka.

Facebook Comments

One Response
  1. author

    Aang verianto2 weeks ago

    Lewat laut, hati2 mabuk …

    View Comment Reply

Leave a Comment