13 Tips Sukses PPL

sepenggal info
1 comment 1944 views

Sepenggal Info – Mendekati semester akhir, tentu sebagai mahasiswa sudah sangat tidak asing lagi dengan yang namanya PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan ) , Sebagaimana kita ketahui PPL adalah bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum, dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan. PPL berfungsi mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggraan program praktek kependidikan dan keguruan yang telah kita pelajari dibangku kuliah. Sebagai tenaga kependidikan yang profesional, lulusan Akademia bidang kependidikan harus memiliki seperangkat kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru/tenaga kependidikan yang profesional serta dapat menerapkan di dalam menyelenggarakan berbagai program kependidikan, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Berikut kami berikan Sepenggal info tentang beberapa tips sukses PPL ( Praktek Pengalaman Lapangan ) :

  1. Persiapan dan Survey Lokasi PPL

Sebelum kegiatan PPL di mulai dan kelompok kita sudah dibagi maka hal yang harus diperhatikan olah mahasiswa adalah survey lokasi PPL dengan tujuan agar lebih mengenal atmosfir lingkungan praktek agar mental terbangun dan lebih nyaman.Usahakan sudah menggunakan jas almamater karna itu sebagai kebanggaanmu.

  1. Mempersiapkan Mental

Hal terpenting ketika PPL adalah mental, dimana mental mengajar yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas calon Guru di kelas. tips terbaik untuk membangun mental adalah dengan latihan menggunakan materi ajar di depan cermin. ini saya lakukan sendiri dikos. dengan demikian kita akan lebih mudah introspeksi diri terutama performa kita saat mengajar didepan kelas, jangan sampai nerfes, percaya diri.

  1. Mengoptimalkan Materi 

Kalau tentang materi, kita sebagai guru harus menguasai materi yang kita ajarkan dan itu sudah pasti karna PPL akan sesuai dengn prodi yang diambil mahasiswa. Tetapi terkadang materi kuliah akan berbeda dengan yang ada dilapangan, maka dari itu kita harus memantau tentang materi yang akan diajarkan dilokasi praktik.

  1. Gunakan Materi Ajar yang Up to date

Mahaiswa peserta PPL sebaiknya senantiasa mencari sumber balajar yang up to date dengan menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan materi ajar dan pengembangan diri, serta mengetahui kurikulum apa yang digunakan di sekolah yang kita buat praktek.

5. Konsultasi Dengan Guru pamong dan Dosen Pembimbing

Supaya kita lebih optimal dalam mengexplore kemampuan mengajar kita, alangkah baiknya setiap kali mengajar kita melakukan konsultasi dengan guru pamong atau dosen pembimbing sebagai korektor penampilan serta kemampuan kita di depan kelas sehingga hal tersebut menjadi bahan evaluasi perfoma pengajaran kita berikutnya agar lebih baik.

  1. Mempersiapkan RPP

Setiap mahasiswa pasti akan dimintai RPP oleh guru pamong supaya pembelajaran dikelas terstruktur dan terencana.

  1. Mempersiapkan Metode Pembelajaran

Penunjang keberhasilan kita dalam pelaksanaan PPL kita adalah mempersiapkan Metode apa yang akan kita gunakan dalm model pembelajaran kita nanti.

  1. Mempersiapkan Diri dengan Cara Bertanya ke Senior yang Sudah Pernah PPL 

Hal ini juga menjadi penting karna informasi dari senior adalah ilmu sampingan yang kita dapat dari pengalaman merak dulu PPL dan kita bisa ambil yang baik dari Pelaksanaan PPL mereka.

  1. Belajar Selayaknya Menjadi Guru Sungguhan

Sikap ini sungguh sangat penting untuk mempersiapkan diri saat PPL karna waktu PPL adalah cerminan anda saat menjadi Guru nanti.

  1. Motivasi Pengembangan Diri

Yang paling penting dan terakhir adalah tujuan utama PPL kita, maksudnya adalah PPL bukan sebagai beban serta kewajiban semata akan tetapi merupakan penyadaran diri untuk mengembangakan skill diri kita agar lebih baik dan keinginan kita menjadi profesional akan berhasil.

11. Be A Good Person!

Ketika menjadi mahasiswa praktikan PPL, kita akan banyak menemui orang-orang baru nan asing. Dianjurkan untuk ‘mengendalikan’ sikap. Meski aslinya kita itu urakan dan ceplas-ceplos, kalau bisa, tahan dulu sampai kita benar-benar akrab dan larut dalam pergaulan bersama mereka. ? Mereka itu siapa? Ya mulai dari Kepala Sekolah mitra, guru-gurunya, guru pamongnya, rekan sesama praktikan PPL, ibu-bapak kantin, bapak satpam, pengelola kebun, pengelola kebersihan dan para siswa itu sendiri. ^_^

Tapi… menjadi baik tak berarti harus menjadi orang lain. Maksudnya gak perlu pencitraan juga. Hehe. Baiknya jadi diri sendiri dengan posisi sebaik mungkin pada setiap orang. Berbaur, suka menolong, gak sombong, rajin menabung, dsb. ?

~

12. Perhatikan Penampilan Perdana

Ada yang bilang, penampilan pertama itu wajib berkesan. Hm… kata-kata itu banyak benarnya. Memang, penampilan perdana menjadi gambaran tersendiri untuk pertemuan selanjutnya. Jadi kayaknya gak ada pilihan terbaik selain ‘do the best’ di penampilan perdana ketika mengajar.

Supaya berkesan… lakukan persiapan, perencanaan dan ‘eksekusi’ yang matang (pakaiannya , RPP-nya, materinya dan segalanya). Jangan sampai rasa percaya diri runtuh seketika gara-gara kurang persiapan dan perencanaan. Jangan sampai juga pingsan di depan kelas dan merasa tersudut dalam penderitaan yang akut.

~

13. Penampilan

Soal penampilan, pasti Bro-Sist udah paham betul bagaimana baiknya penampilan seorang guru. Dari mulai kepala sampai kaki. Sopan, tertutup dan rapi. Kalo pakaian udah oke, perhatikan juga dandanannya. Bagi perempuan, pertimbangkan deh pemakaian aksesoris, bedak, lipstik dan minyak wanginya. Laki-laki juga, perhatikan pemakaian aksesoris, gel rambut dan minyak wangi. Lebih bijak, lebih bagus.

Tak hanya itu, perhatikan pula seragam yang biasa dipakai di sekolah tersebut. Kalau hari Senin biasanya safari, ikuti saja. Kalau hari Jumat biasanya batik, juga ikuti. Intinya, sesuaikan penampilan dengan adat sekolah juga ya, Sob. ^_^

Nah, itulah beberapa TIPS SUKSES PPL…semoga bermanfaat. 🙂

Facebook Comments

One Response
  1. author

    evrinasp5 months ago

    Saya pikir ppl itu untuk petugas penyuluh ternyata praktek lapangan ya, seru sih waktu zaman ppl dulu jadi nambah pengalaman

    View Comment Reply

Leave a Comment