by

4 Persiapan Liburan untuk Penderita Asam Urat

Insya Allah 2 min read

Sepenggalinfo.com -Bagi penderita asam urat, liburan membutuhkan persiapan khusus. Lantas, persiapan apa yang dimaksud agar liburan tetap menyenangkan?

Pergi berlibur dengan anggota keluarga atau sahabat tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jadi, jangan sampai kambuhnya asam urat bikin liburan itu menjadi pengalaman tidak mengenakkan untuk diingat.

Bagi Anda yang wanita, jagalah kadar asam urat untuk selalu berada di bawah angka 6. Sedangkan untuk pria, jagalah kadar asam urat hingga di bawah 7. Selain itu, penderita asam urat juga perlu melakukan persiapan di bawah ini agar liburannya tetap asyik dan serangan asam urat tidak hadir.

Kenali Gejala Asam Urat
Langkah pertama untuk mengatasi asam urat saat liburan adalah dengan mengenali gejalanya. Anda bisa lebih peka terhadap rasa nyeri yang tidak tertahankan secara mendadak serta rasa panas di persendian tubuh, khususnya di sendi lutut, jari tangan pergelangan kaki, dan jari kaki.

Diet Asam Urat
Hindari asupan makanan yang kandungan purinnya tinggi. Purin adalah zat yang membentuk kristal asam urat. Adapun makanan tinggi purin yang mesti Anda jauhi adalah jeroan (paru, otak, usus, ampela), daging merah (sapi, kambing, babi), serta makanan laut (udang, kerang, lobster). Konsumsilah kacang almon, buah-buahan, dan sayuran sebagai gantinya.

Jangan Minum Minuman Beralkohol
Liburan memang identik dengan momen melepas penat. Sedangkan, minuman beralkohol kerap dijadikan salah satu ‘bahan’ untuk melepas penat selama liburan.

Sayangnya, penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebelum dan sesudah liburan. Sebab, alkohol dapat menghambat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh sehingga risiko untuk mengalami serangan asam urat menjadi tinggi.

Jangan Lupa Bawa Obat Asam Urat
Persiapkanlah obat asam urat. Anda bisa menyimpannya di dalam dompet khusus obat-obatan pribadi yang selalu dibawa pergi. Hal ini penting dilakukan untuk mengatasi serangan asam urat yang bisa kambuh kapan saja. Kepada KlikDokter, dr. Ellen Theodora mengatakan bahwa Anda mungkin juga perlu berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter terkait dosis pemakaian obat tersebut.

Itulah empat persiapan liburan yang bisa diterapkan oleh penderita asam urat. Jika obat asam urat Anda kebetulan habis dan di tempat liburan tidak ada apotek yang menjual, kompreslah dulu bagian sendi yang bengkak dan nyeri itu dengan kompres dingin. Bila perlu, kunjungi rumah sakit terdekat apabila nyeri sudah tak tertahankan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.