by

Festival Bumi Rafflesia, ini 11 himbauan dasar masuk kawasan habitat Bunga Rafflesia

Sepenggalinfo.com – Aturan masuk habitat bunga Rafflesia : Pemerintah provinsi Bengkulu dalam mewujudkan visi menuju visit wonderful Bengkulu 2020 terus melakukan promosi kepada wisatawan luar provinsi,khususnya dalam sektor industri Pariwisata. Hal ini terbukti bertepatan dengan hari festival Bumi Rafflesia beberapa minggu yang lalu ( 21 Juli 2017, red ) sekaligus bersamaan dengan kegiatan Bengkulu Triathlon 2017,pihak pemerintahan Provinsi Bengkulu mengundang para Blogger nusantara. Para Blogger yang tergabung dalam kegiatan Family Trip Bumi Rafflesia ini berkesempatan untuk mengunjungi provinsi Bengkulu serta melihat keindahan objek wisata yang ada di provinsi yang dikenal dengan julukan Bumi Rafflesia ini.

baca juga : Ini Loh Bedanya Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Berbicara tentang bunga Rafflesia, mungkin kita sudah sering mendengar nama tersebut atau bahkan kita sudah sering datang langsung ke lokasi tempat bunga terbesar di dunia tersebut tumbuh,namun tahukah kamu bahwa ternyata ada aturan khusus yg dibentuk oleh para pecinta atau pelestari Bunga Rafflesia saat kita masuk kawasan habitat Bunga Rafflesia? berikut sepenggal info tentang 11 himbauan dasar masuk kawasan habitat Bunga Rafflesia yang perlu kamu ketahui :

1. Larangan masuk kawasan sendirian dan harus dengan pemandu wisata (guide) setempat.
2. Selalu berjalan di dalam jalan setapak yang telah tersedia;
3. Hanya satu rombongan (lima pengunjung) didekat lokasi. Rafflesia dan tiap rombongan harus bergiliran untuk melihat
4. Hati-hati melangkah, kemungkinan potensi menginjak bakal bunga (Kenop/Bongkol)yang kecil.
5. Dilarang berfoto sambil menyentuh bunga ataupun inangnya.
6. Berfoto disamping Bunga harus seijin dan mengikuti aturan dari pengelola habitat, untuk menjamin keselamatan dan kelestarian Bunga Rafflesia, Bakal Bunga (Kenop/Bongkol) dan Inangnya.
7. Foto group tidak dianjurkan berdekatan dengan Bunga Rafflesia, hal ini untuk mencegah menginjak Bakal Bunga (Kenop/Bongkol), Inang dan menyenggol kelopak Bunga.
8. Larangan merusak dan mengambil tumbuhan.
9. angan membuang sampah sebarangan di dalam kawasan, bawa kantong plastik untuk tempat sampah dan bawa lagi keluar kawasan habitat.
10. Hormati budaya setempat.
11. Jangan lupa untuk Donasi ya, karena gerakan pelestarian Rafflesia murni swadaya masyarakat lokal secara sukarela menjaganya untuk kita semua

Update 27 Juni 2016.
Sumber : Komunitas Peduli Puspa Langka. Bengkulu Heritage Society.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

8 comments

  1. wah yg insiden maren itu gmn ya? kelewatan lah oknum oknumnya, masa mindahin bunga rafflesia dari habitatna, trus mana pake acara dicat, kelewatan, sayah pemerintah kita lelet bingitsss…banggaian doank, merawat dan menjaganya kagak

Artikel lain