by

Awal September 2016, Gerhana Matahari Sebagian akan lintasi Bengkulu.

-Info-937,000 Views

PJV Network – Jika beberapa bulan yang lalu provinsi tercinta kita mendapatkan “ kesempatan “ untuk melihat salah satu keajaiban alam yaitu Gerhana Matahari Total ( GMT ), kali ini Provinsi Bengkulu akan kembali diberikan pemandangan langka yaitu Gerhana Matahari Sebagian. Gerhana Matahari Sebagian ini akan terjadi pada sore hari yaitu pukul 17.53 WIB ( 01/ 09/ 2016,red ) hal ini berdasarkan rilis dari BMKG.

Namun sebenarnya, fenomena alam langka ini bukanlah Gerhana Matahari Cincin seperti yang banyak diberitakan oleh media, melainkan hanya Gerhana Matahari Sebagian. Hal ini disampaikan oleh BMKG dalam keterangan pers Selasa (30/8/2016) seperti yang kami kutip dari Kompas.com yang menjelaskan bahwa Kamis besok, Bulan memang akan berada di antara bumi dan matahari. Kebetulan, bulan juga sedang berada pada salah satu titik terjauhnya dengan bumi atau apogee.

Konfigurasi tersebut secara teoretis memang akan menghasilkan Gerhana Matahari cincin. Namun, seperti halnya Gerhana Matahari lainnya, wilayah yang berpeluang menyaksikan sangat kecil. Hanya wilayah yang berada di bawah naungan umbra bulan atau garis semu gerhana yang akan menyaksikan Gerhana Matahari cincin.

Untuk Kamis besok, wilayah yang berpeluang menyaksikan Gerhana Matahari cincin hanya Samudra Atlantik,  Afrika  bagian tengah, Madagaskar, dan Samudra Hindia. Situs astronomi Langitselatan menyatakan, lokasi terbaik untuk menyaksikan gerhana besok ialah Tanzania. Di sana, Gerhana Matahari cincin akan terjadi selama 3 menit 6 detik.

Indonesia sendiri berada di luar garis gerhana. Jadi, Indonesia tidak akan mengalami Gerhana Matahari cincin, melainkan hanya Gerhana Matahari sebagian. kata peneliti astronomi BMKG, Rukman Nugraha.

Untuk Gerhana Matahari Cincin , Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, Sumatera dan Sulawesi akan mengalami Gerhana Matahari cincin pada 26 Desember 2019. Jadi, hanya tiga tahun dari saat ini.

Provinsi Bengkulu masuk dalam 10 wilayah yang dilintasi gerhana matahari sebagian tanggal 1 september besok, tertarik mengamati besok ? jangan lupa gunakan alat bantu kacamata gerhana atau pinhole, karena esok tidak sepenuhnya gerhana matahari cincin, melainkan hanya gerhana matahari sebagian, itupun persentase piringan matahari yang tertutup pun sangat kecil., karena Indonesia masuk wilayah paling luar yang dilintasi gerhana besok. ( 119/232 )

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.