Bisnis Fashion Skala Rumahan

2 comments 377 views

Fashion tidak pernah ada matinya, tren selalu silih berganti. Nah, membuka bisnis ini merupakan hal yang sangat potensial. Apalagi pakaian atau sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Biasanya masalah yang ada dalam usaha rumahan fashion ini adalah keterbatasan modal.

Demi memenangkan persaingan dalam bisnis fashion, hal yang perlu dilakukan adalah membangun brand yang kuat. Sayangnya dalam membangun brand ini dibutuhkan modal besar dan proses yang panjang. Sehingga banyak pemula dalam bisnis ini yang mengalami kegagalan karena kekurangan modal dan ketatnya persaingan.

Namun bila memang modal pas-pasan, tak perlu berkecil hati. Tetap ada peluang usaha sampingan di bidang fashion ini. Berikut ini adalah tips untuk merintis bisnis fashion dengan modal kecil.

Menjadi Reseller atau Dropshipper

Modal kecil bukan berarti harus berkecil hati. Bila memang tak cukup modal untuk memproduksi barang sendiri atau pun membeli stok barang dagangan, maka fokuslah untuk memasarkan produknya saja. Cukup bermodalkan gambar barang yang akan dijual, kemudian jika ada pesanan, Anda tinggal meneruskannya ke distributor atau pun pemasok yang menjual barang tersebut.

Mencari Pemasok Produk

Demi menjadi penjual yang dapat diandalkan, tentu harus sanggup menyajikan barang-barang yang berkualitas dan dapat diandalkan dalam hal pengiriman dan ketersediaan barang. Nah, untuk dapat mewujudkan hal tersebut, pilih pemasok terpercaya sebagai mitra. Memilih pemasok memang agak tricky. Terkadang pemasok yang handal justru sulit diajak bekerja sama, mungkin karena sudah terlalu banyak  memiliki mitra. Oleh karena itu, pandai-pandailah memilah dan mengambil hati pemasok.

Menjaga Jaringan dengan Pemasok

Bila sudah membina kemitraan dengan pemasok, maka hal paling penting adalah menjaga hubungan kerjasama Anda dengan pemasok tersebut. Jangan terlalu kaku dalam berbisnis, cairkanlah suasana dengan bersilaturahmi atau berbasa basi dan tak melulu membahas bisnis. Sampaikan keinginan Anda secara terbuka, diskusikan bentuk kemitraan yang akan dijalin. Dengan demikian dapat menguntungkan kedua belah pihak. Baca juga: Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Promosi di Jejaring Sosial

Keuntungan dari sistem dropship adalah tak perlu menumpuk stok, sehingga Anda tak perlu keluar modal untuk membeli barang terlebih dahulu dan tak perlu memikirkan tempat penyimpanan barang. Apalagi sewa tempat saat ini pun cukup mahal, demikian pula dengan harga properti. Dengan kata lain, Anda bisa berjualan tanpa modal dengan sistem dropship ini. Hanya perlu pintar-pintar berpromosi saja di jejaring sosial. Nah, paling tidak biaya yang perlu dikeluarkan hanyalah sebatas tarif koneksi internet. Tetapi toh kini harga paket data sudah cukup murah.

Tak ada salahnya juga di waktu luang, sambil berselancar di jejaring sosial, Anda mempelajari teknik berjualan secara online. Pelajari ilmu marketing yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Paling tidak Anda harus bisa mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization).

Di awal, Anda bisa terlebih dahulu mempelajari tentang pengoptimalan media sosial seperti Facebook dan Twitter, kemudian pelajari juga mengenai Facebook Ads. Dengan menguasai hal tersebut, dijamin order akan otomatis datang lancar setiap hari. Bila sudah kewalahan mengatasi order, waktunya melebarkan sayap. Keluarkan modal untuk mempekerjakan tenaga layanan pelanggan.

Demikianlah beberapa hal yang bisa diterapkan dalam membangun bisnis fashion. Tentu saja diperlukan juga keahlian untuk meneropong tren yang terkini agar bisa menjadi yang terdepan dalam memasarkan barang fashion. Jangan lupa untuk terus menimba ilmu dalam hal pemasaran dan bidang fashion ini.

Facebook Comments

2 Responses
  1. author

    EmCholed6 months ago

    Bagus.. Saran, point pertama dan kedua kalo menurut saya, di-switch sih.. Nyari pemasok (Supplier) dulu, kemudian jadi reseller/dropshipper. Atau kalau mau lebih sadis, point pertama adalah “Kumpulkan niat”.

    View Comment Reply

Leave a Comment