Bolehkah membawa Hp yang ada Aplikasi Al-qur’an saat masuk WC ?

hukum membawa hp ke toilet

Sepenggal info – Mungkin pernah terlintas dalam benak kita, bolehkah membawa handphone yang didalammnya terdapat Aplikasi Al-qur’an ? karena terkadang kebiasaan orang indonesia adalah tidak bisa lepas dengan gadget sekalipun sedang masuk WC atau toilet jika tidak membawa Handphone  terasa hampa.

Lantas seperti apakah penjelasan Ustadz Khalis Basalamah terhadap hal ini? berikut penjelasan tentang bolehkah membawa handphone yang didalamnya terdapat Aplikasi Al qur’an yang kami kutip dari instagram Dakwah Vidgram, semoga bermanfaat.

Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid menjelaskan, Tidak ada larangan untuk masuk toilet dengan membawa hp yang berisi konten Alquran. Karena hp semacam ini tidak dihukumi sebagai Alquran, meskipun di dalamnya terdapat rekaman bacaan Alquran atau tulisan Alquran. Karena suara dan tulisan ini tersembunyi dan tidak nampak. Sebagian ulama menganalogikannya dengan penghafal Alquran.

Seorang penghafal Alquran, di dalam memorinya tersimpan firman-firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. Meskipun demikian, tidak ada larangan baginya untuk masuk toilet atau kamar mandi. Selama dia tidak membaca Alquran di tempat-tempat yang kurang terhormat ini. (Disadur dari: http://www.islamqa.com/ar/ref/21792)

Judul kajian: bulughul maram pembatal wudhu
Sumber artikel: www.konsultasisyariah.com (alquran di handphone)

Demikianlah penjelasan tentang hukum membawa Handphone atau HP yang didalamnya terdapat Aplikasi Al-qur’an, memang diperbolehkan membawa HP tersebut, selagi kita tidak membaca isi Al qur’an saat sedang berada pada tempat itu.

Facebook Comments

One Response
  1. author

    Ria Kurniasih6 months ago

    setuju saya juga sama pendapat ulamanya mas

    View Comment Reply

Leave a Comment