by

Cara Atasi Luka Dalam yang Tepat

Insya Allah 2 min read

Sepenggalinfo.com – Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa kita minta sekalipun. Oleh karena itu, kita wajib hati-hati saat bertindak mulai dari berjalan, berlari, mengendarai sepeda motor, menyeberang jalan, dan lain-lain. Hal tersebut untuk menghindari adanya luka pada tubuh terutama luka gores atau memar kecil. Kalaupun ada saudara yang mengalami luka tersebut, pastikan Anda tahu bagaimana cara mengatasinya.

Nah, berikut ini adalah cara merawat luka dalam dan berbagai pengetahuan pertolongan pada luka yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Pada dasarnya, pertolongan pertama dilakukan pada luka yang ringan dan dapat diatasi oleh relawan. Apabila pada situasi tertentu mengalami luka yang parah, pastikan untuk menghubungi pihak profesional. Situasi seperti apa yang membutuhkan bantuan dari ahlinya?

Pertama apabila terjadi luka yang dalam dan mengeluarkan banyak pendarahan. Jadi, jangan merawat luka dalam sendirian tanpa pengetahuan. Bawalah ke dokter profesional untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Kedua, apabila luka yang dialami menunjukan tanda-tanda infeksi seperti berwarna merah, hangat, dan bengkak, hentikan pertolongan pertama dan langsung hubungi dokter terdekat. Ketiga, apabila terdapat benda asing yang tertanam pada luka, jangan menariknya langsung. Pastikan luka tersebut harus ditangani oleh yang benar-benar profesional.

Situasi selanjutnya adalah ketika luka yang dialami merupakan hasil gigitan hewan, manusia, kontak dengan darah hewan, silakan langsung bawa ke dokter. Begitupula ketika luka tersebut terjadi pada area wajah supaya tidak langsung diatas untuk menghindari bekas luka yang tidak hilang. Apalagi jika Anda termasuk orang yang mengalami penyakit diabetes, perawatan luka yang diberikan harus lebih intensif. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait kekhawatiran yang Anda alami pada luka baik luka kecil maupun luka dalam.

Nah, untuk menjaga supaya luka yang terjadi tidak menghasilkan bekas luka, pastikan untuk melakukan perawatan dengan baik. Caranya bersihkan luka dengan desinfektan untuk mempercepat kesembuhan kemudian jaga luka tersebut supaya tertutup dengan hansaplast.

Itulah cara merawat luka dalam yang harus Anda perhatikan. Apabila tidak dapat menanganinya sendiri, langsung konsultasikan pada dokter ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.