Februari ini, UPT Pusat Bahasa UMB siap laksanakan tes TOEFL ITP

Sepenggal info – Setelah launching pada kegiatan seminar nasional beberapa minggu yang lalu, bulan februari yang akan datang ini UPT Pusat Bahasa Universitas muhammadiyah Bengkulu siap melaksanakan TES TOEFL ITP , kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2017 bertempat di UPT Pusat Bahasa . Tes TOEFL tersebut dibatasi kuota dan bisa diikuti dengan Biaya tes TOEFL ITP sebesar Rp. 475.000,-.

TOEFL ITP adalah TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah salah satu jenis tes yang dikelauarkan oleh English Testing System (ETS) khusus untuk wilayah Asia. Skor TOEFL ITP bersifat institutional yang berarti hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. Ketika membicarakan mengenai TOEFL test, tak jarang orang akan menyinggung mengenai TOEFL ITP ( Institutional Testing Program ) dan International / official TOEFL ETS.

Pada dasarnya, kedua jenis tes ini memiliki kesamaan. International / official TOEFL test menunjuk pada TOEFL test yang diselenggarakan oleh ETS ( Educational Testing Service ) yang berpusat di Amerika Serikat. Dan TOEFL ITP adalah salah satu jenis tes TOEFL yang juga diselenggarakan oleh ET secara lokal. Tapi, bila membicarakan perbedaannya, international / official TOEFL akan lebih menunjuk pada tes TOEFL yang berformat iBT ( internet Based Test ) karena format inilah yang sekarang umum digunakan dibandingkan TOEFL PBT ( Paper Based Test ). Perbedaan pertama antara ITP dan official TOEFL adalah pada kemampuan yang diujikan. Pada Official TOEFL (iBT) test, kemampuan yang diujikan meliputi reading comprehension, listening, writing dan speaking. Sedangkan, pada TOEFL ITP test, kemampuan berbahasa Inggris yang diujikan meliputi listening comprehension, structure and Written expression, dan reading comprehension. Jadi, bisa dilihat bahwa ITP tidak menguji kemampuan berbicara secara aktif.

Baca juga : Ratusan peserta ikuti seminar nasional dan launching TOEFL ITP UMB 

Facebook Comments

No Response

Leave a Comment