IBX598AD75A9DD8A

Ini yang harus dilakukan saat janin berada pada trimester pertama

Ini yang harus dilakukan saat janin berada pada trimester pertama
images source : http://lactamil.co.id/artikel/pertumbuhan-janin-di-trimester-pertama

Sepenggal info – Kehadiran sang buah hati merupakan suatu hal yang sangat dinanti bagi kedua orang tua, tak jarang mereka melakukan banyak hal agar anaknya nanti lahir dengan sehat. Fase kehamilan terbagi dalam tiga trimester. Trimester pertama (0-3 bulan), trimester kedua (4-6) dan trimester ketiga (7-9 bulan). Kali ini kita akan membahas tentang kehamilan pada trimester pertama yaitu pada usia 0-3 bulan. menurut dr. Febriansyah Darus, SpOG ” Trimester pertama adalah fase krusial. Tubuh Mama mengalami perubahan. Mama mulai mengalami mual, muntah, morning sickness, dan sebagainya. Hal ini karena tanda-tanda keberadaan janin mulai muncul. Di fase ini, akan muncul kantung yang berisikan air ketuban, terbentuk di sekitar embrio. Fungsi air ketuban adalah sebagai pelindung janin selama kehamilan. Kemudian, Mama juga akan mulai mengalami pembentukan plasenta, yang berbentuk bulat, rata, dan berfungsi sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi serta mengeluarkan kotoran bayi, bayi masih berukuran sebesar beras”.

Pada fase ini juga mulut bayi akan terbentuk serta akan muncul tanda atau diawali dengan lingkar hitam tempat mata, mulut, rahang bawah, serta tenggorokan. Tidak hanya itu, pada fase ini, akan muncul kantung yang berisikan air ketuban, terbentuk di sekitar embrio. masih menurut dr Febriansyah, Fungsi air ketuban adalah sebagai pelindung janin selama kehamilan. Kemudian, Mama juga akan mulai mengalami pembentukan plasenta, yang berbentuk bulat, rata, dan berfungsi sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi serta mengeluarkan kotoran bayi.

Setelah melewati banyak fase, maka pada fase terakhir yaitu fase bulan ketiga nanti maka perkembangan kritis janin yang masih rentan sudah terlalui sehingga janin lebih kuat dan tidak memiliki risiko keguguran setinggi sebelumnya.

Lantas apa yang harus di siapkan untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati tersebut ? berikut beberapa hal yang perlu disiapkan atau hal yang harus dilakukan saat janin berada pada trimester pertama yang kami kutip dari situs lactamil.

  1. Buat janji temu dengan dokter kandungan atau bidan untuk pengecekan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Biasanya, dokter akan memberikan saran perawatan kesehatan, nutrisi bagi tubuh serta saran aktivitas fisik yang menyehatkan.

  2. Minum asam folat setiap hari untuk menjaga perkembangan otak dan saraf tulang belakang seperti spina bifida. Setiap harinya, diperlukan 400 microgram (mcg) suplemen atau vitamin B9. Selain itu, konsumsi vitamin D sebanyak 10 mcg setiap harinya juga diperlukan.

  3. Hati-hati dalam meminum obat-obatan jika Mama sakit karena trimester pertama kehamilan masih rentan mengalami keguguran serta pembentukan janin masih belum sempurna. Selalu konsultasikan pada dokter obat apa yang hendak Mama konsumsi.

  4. Perhatikan makanan yang Mama konsumsi, tidak hanya bernutrisi, namun juga baik bagi pencernaan Mama. Menurut dr. Mercola, pencernaan ibu hamil mengalami perubahan kadar bakteri baik akibat perubahan hormon di trimester pertama kehamilan. Perbanyak asupan kalori sehat dan hindari makanan yang mungkin mengandung bakteri, parasit maupun racun (makanan dan minuman yang tidak terpasteurisasi dan makanan mentah).

  5. Banyaklah beristirahat selama trimester pertama kehamilan, karena perubahan hormon yang begitu cepat akan menyebabkan kelelahan dan butuh banyak istirahat. Tidurlah lebih awal sekali seminggu, rilekskan diri dengan hal-hal yang menyenangkan, matikan telepon genggam dan hindari stres. Perbanyak tidur karena begitu bayi lahir tidur Mama akan sangat berkurang.

  6. Rajinlah berolahraga dan bergerak aktif demi kesehatan mental dan fisik Mama agar tidak menderita kelebihan berat badan. Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat.

  7. Rawat gigi Mama karena gusi sangat rentan mengalami penyakit. Kesehatan gigi yang terganggu dapat menyebabkan kesehatan janin ikut terpengaruh, terutama saat terjadi infeksi gigi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

  8. Hindari polusi udara di sekitar Mama, hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol serta hentikan kebiasaan berdiet Mama yang kurang sehat.

  9. Jangan sampai Mama mengalami stres karena stres dapat memicu timbulnya produksi senyawa kimia yang dapat menghambat aliran oksigen ke rahim dan mengganggu pertumbuhan janin.

  10. Hindari mandi air panas dengan berendam dan sauna karena dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Penyebabnya adalah akibat adanya kenaikan suhu tubuh pada ibu dan menyebabkan janin yang sedang bertumbuh mengalami dehidrasi.

Selain 10 hal diatas, jangan lupa juga untuk siapkan produk dari Lactamil yang telah dirancang secara khusus untuk ibu hamil maupun menyusui, karena Lactamil memiliki nutrisi khusus yang bisa membantu pertumbuhan janin menjadi lebih sehat.

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami, untuk mendapatkan berbagai update informasi terbaru silahkan berlangganan artikel kami sekarang juga

No Responses

Leave a Comment