Instrumen Penilaian Untuk Ujian PPL

sepenggal info
No comment 2929 views

Sepenggal Info – Instrumen Penilaian Untuk Ujian PPL : Setelah sebelumnya kami telah memberikan Sepenggal Info tentang berbagai hal seputar KKN, seperti Panduan pembuatan laporan KKNContoh Spanduk KKN, perbedaan KKN tematik dan posdaya, Syarat KKN, laporan KKN, Laporan Akhir KKN, namun kali ini kami bukan memberikan Sepenggal Info tentang KKN, melainkan kami akan memberikan Sepenggal Info tentang PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan dan hal yang berhubungan dengan Instrumen Penilaian Untuk Ujian PPL.

PPL   merupakan hal yang wajib dilaksanakan setelah mahasiswa melaksanakan KKN, meskipun disebagian Universitas terkadang melaksanakan PPL terlebih dahulu setelah itu baru melaksanakan KKN, namun keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain yaitu sama – sama dilaksanakan pada semester 6 dan semester 7. Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, PPL dilaksanakan pada semester 7 awal dan KKN pada semester 6 akhir.

Kembali lagi ke PPL, pada tulisan kami sebelumnya yaitu tentang Laporan PPL, serta 13 tips sukses PPL ,dimana ketika mahasiswa selesai ujian  PPL, maka mereka harus memberikan Laporan PPL ke Fakultas agar laporan tersebut bisa dinilai oleh tim.

Namun, sebelum membuat Laporan PPL, yang pastinya mahasiswa harus Ujian PPL terlebih dahulu, ada banyak format penilaian PPL atau Instrumen penilaian PPL, serta aspek yang akan diamati oleh Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) dan Guru Pamong , berikut beberapa hal yang penting terkait dengan Ujian PPL :

A. Pemberian nilai, yang akan memberikan nilai pada saat kalian selesai PPL adalah : Kepala Sekolah, Guru Pamong, Dosen Pembimbing Lapangan.

B. Sifat Penilaian, seperti pengetahuan, sikap/tingkah laku, serta ketrampilan yang dimiliki mahasiswa PPL.

C. Aspek penilaian, yang pertama adalah Komponen Latihan Praktek Mengajar atau LPM dengan bobot 30%, seperti RPP, dsb. Ketika ujian nanti, hal yang akan dinilai menggunakan format penilaian . Kedua adalah, Komponen Ujian Praktek Mengajar ( UJ ) dengan bobot 40%,hal ini dapat dilakukan apabila mahasiswa PPL sudah melaksanakan minimal 8 kali mengajar dikelas. Ketiga adalah, Komponen Laporan dengan bobot 30%, nah ini yang akan mempengaruhi Laporan PPL nanti, hal-hal yang akan dinilai dalam laporan PPL sebagai berikut :

  1. Kualitas isi/akurasi dta

  2. Organisasi isi/sistematika

  3. Tata bahasa/ejaan

  4. Kerapian dan Kebersihan

4 hal tersebut akan menentukan Nilai Laporan PPLmu.

Jadi seperti apa sih prosedur untuk memperoleh nilai A atau nilai bagus dan baik di PPL ? berikut cara penilaian.

Nilai akhir = Rata-rata nilai LPM 30% + rata-rata Ujian Praktek Mengajar 40% + Nilai Laporan PPl 30% : ( Dibagi ) 100 .

Semua hal tersebut diatas, akan dinilai oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong, kecuali Laporan PPL yang akan dinilai oleh panitia pelaksana PPL.

Berikut kami berikan Format Penilaian PPl atau Instrumen Penilaian Ujian PPL yang harus kalian siapkan sebelum ujian PPL :

Untuk Download Instrumen Penilaian PPL atau Format Penilaian PPL, silahkan KLIK DISINI . Jika diminta Sandi atau Password, maka masukkan Sepenggal.info sebagai passwordnya ingat sandinya adalah Sepenggal.info jangan lupa !!!!

Big Thanks to :

Allah swt

UMB

Hari Malindo atau Udin  yang telah memberikan file ujian ini.

Demikianlah Instrumen Penilaian Untuk Ujian PPL dan Syarat sebelum melaksanakan Ujian PPL serta hal – hal yang akan dinilai dalam pelaksanaan PPL, semoga bermanfaat . 🙂

Facebook Comments

No Response

Leave a Comment