Liburan ke Singapura? Jangan kelewatan icip kuliner khas disana Ya

sumber:missthamchiak.com

Sepenggalinfo.com – Apa ya makanan khas Singapura? Kalau dilihat dengan detail sih, sebenarnya Singapura nggak punya makanan yang benar-benar asli sana. Budaya di Singapura adalah perpaduan dari banyak Negara, ada India, Melayu, China dan kawasan lain. Karena itulah makanan di Singapura pun kebanyakan adalah bawaan dari Negara-negara ini.

Meski demikian, tetap ada beberapa kuliner yang sangat terkenal di Singapura dan akhirnya jadi makanan khas di Singapore. Wajib dicicipi kalau sedang liburan di sana. Salah satunya adalah kuliner khas India yang banyak ditemui di Little India.

Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Singapore yang punya banyak pilihan kuliner. Kebanyakan yang jalan-jalan ke Little India adalah mereka yang mencari makanan halal dan rasanya mirip dengan lidah Indonesia.

Di antara semua tempat wisata di Singapore, Little India adalah yang paling ra mai baik siang, sore maupun malam. Nyaris tak ada kata sepi di Little India, dan tempat ini adalah surga bagi para pecinta kuliner berempah kuat.

Soal rasa, makanan yang ada di Little India benar-benar mirip dengan yang ada di Negara asalnya. Berbeda dengan makanan Indonesia atau Melayu yang hanya pakai rempah mirip, kalau di Little India memang benar-benar makanan India dan disukai banyak orang di Singapura.

Nasi Biryani

Nasi biryani

(sumber:wwikipedia.org)

Di Singapura ada banyak warga yang merupakan keturunan India, dan mereka sangat suka dengan nasi biryani. Beras dari nasi ini berbeda, lebih panjang dan tidak pulen seperti nasi Indonesia yang menggumpal. Berasnya memang berbeda, dan biasanya didatangkan langsung dari India dari jenis biryani.

Biasanya nasi biryani disantap dengan lauk khas India, seperti kare yang berbumbu kuat atau lauk lain yang jenisnya banyak sekali. Tapi biasanya masyarakat India memakan biryani dengan lauk kambing. Hmm, Nampak lezat ya?

Baca juga : Wisata Pulau Tikus

 

Roti Prata

Roti ini jadi kesukaan banyak orang karena rasanya yang gurih lezat. Biasanya roti ini dimakan dengan menggunakan kuah kare yang kental. Tapi nggak jarang pula roti prata dimakan dengan topping manis, dan cocok banget buat minum teh atau kopi di pagi hari.

Roti ini mudah dijumpai di warung pinggir jalan Singapura. Harganya pun murah meriah, dan cukup mengenyangkan meski tidak makan nasi sekalipun. Jadi bisa dipakai buat bekal kalau mau jalan-jalan ke tempat yang susah mencari makanan di sana.

Thosai

Roti thosai

(sumber:singaporaactually.com)

Seperti nama karakter kartun ya? Tapi ini bukanlah Batosai, melainkan nama lain dari Dosa. Di India, makanan ini disebut dengan Dosa, tapi di Singapura namanya jadi berubah. Meski demikian, isi dari makanannya sama saja kok dengan dosa di India.

Dalam satu piring, terdapat roti ala India yang lebar dan sudah digoreng ulang, sehingga agak gosong. Lalu di piringnya diberikan kuah, bisa kare, kadang pula ditambah dengan masala, yang merupakan kentang berbumbu bawang. Ada juga dosa dengan kuah lainnya, namun dosa masala adalah yang paling favorit di Singapura.

Kari Kepala Ikan

kari kepala ikn

(sumber:sgfoodonfoot.com)

Jika di Indonesia kepala ikan biasanya di-sup, di India kepala ikan dimasak dengan bumbu kari yang sangat kaya dengan rempah-rempah. Kari India biasanya memiliki rasa yang pedas dan sedikit asam. Sangat cocok dinikmati dengan nasi, dan tak sedikit yang menyantap kari kepala ikan ini dengan roti mantau. Jadinya gimana? Yang pasti lezat dan bikin nagih!

 

Facebook Comments

10 Responses
  1. author

    NulikYuk2 months ago

    Mantap gan ane mau coba nasi birani t, kunbal y

    View Comment Reply
  2. author

    Ria fasha2 months ago

    Wahh bikin mupeng ajaaa…
    Mau banget ni..

    View Comment Reply
  3. author

    Zefy Arlinda2 months ago

    kulinernya mirip-mirip dengan yang ada di Indonesia ya, ga salah kalau kita disebut tetanggga

    View Comment Reply
  4. author

    komi kendy2 months ago

    kapan yaa bisa nyobain kuliner halal Singapura

    View Comment Reply
  5. author

    Dian Radiata2 months ago

    Paling suka roti prata.. Buat sarapan porsinya pas

    View Comment Reply
  6. author

    Matius Teguh Nugroho2 months ago

    Sebetulnya kalau ditanya apa makanan asli Singapura, rujukannya adalah makanan-makanan Malay karena Singapura adalah bagian dari Semenanjung Melayu. Pernah menjadi bagian dari Malaysia, sebelum akhirnya memisahkan diri dan merdeka sebagai negara merdeka. Cuma memang sih, Singapura itu kosmopolis banget, didiami oleh 3 etnis terbesar yang akhirnya membuat budaya aslinya seolah kabur.

    Nah, dari makanan di Little India, saya cuma suka Nasi Biryani sama Nasi Kandar. Selebihnya — kayak prata, dosa, dan sejenisnya — saya nggak suka hehe. Makanan favorit lainnya di Singapura adalah Kaya Toast (Roti Kaya) dan Singaporean Noodle (tapi haram yang ini).

    View Comment Reply

Leave a Comment