by

Lambat Proses Penyembuhan Luka Setelah Operasinya? Hindari Hal-hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

Insya Allah 2 min read

Sepenggalinfo.com – Tidak bisa dalam waktu singkat untuk memulihkan luka setelah operasi. Diperlukan waktu yang cukup lama hingga berminggu-minggu agar pasien bisa benar-benar sembuh dan beraktivitas secara normal. Proses pemulihan luka operasi bukanlah hal yang sepele karena tidak bisa disembuhkan dengan obat hidung mampet dan hidung meler karena dibutuhkan obat khusus yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain menggunakan obat yang bisa mempercepat penyembuhan luka pasca operasi yang bisa didapat dengan beli disini (goapotik), terdapat pula beragam hal yang perlu dihindari agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Apa sajakah hal tersebut? Inilah dia beberapa diantaranya:

Kafein
Minuman berkafein seperti teh atau kopi menjadi minuman yang rutin diminum oleh beberapa orang. Manfaat kafein yang bisa membantu menjaga konsentrasi jadi alasan mengapa banyak orang membutuhkannya setiap hari. Tapi, ketika Anda baru saja selesai melakukan operasi, maka minuman berkafein jadi salah satu daftar minuman yang perlu dihindari.
Konsumsi minuman berkafein perlu dihindari karena bisa menghambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Setelah operasi, tubuh membutuhkan nutrisi yang lengkap agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat. Konsumsi obat juga perlu dilakukan secara rutin agar luka bekas operasi bisa mereda lebih cepat. Namun, konsumsi kopi dapat menghambat keduanya serta akan membuat pencernaan Anda terganggu nantinya. Oleh karena itu, hindari sementara konsumsi minuman berkafein setelah operasi sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh.

Makanan dengan lemak Tinggi
Bagi Anda yang bertubuh terlalu gemuk, makanan dengan kadar lemak yang tinggi jelas menjadi salah satu makanan yang wajib dihindari. Tapi, jika Anda tidak memiliki masalah berat badan, makanan berlemak jelas bukanlah suatu masalah dan justru sangat dibutuhkan. Namun, jika Anda baru saja melakukan operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan dengan kandungan lemak yang terlampau tinggi.

Konsumsi makanan dengan lemak yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang terganggu akan membuat suplai energi tidak optimal. Selain itu, lemak yang terlalu tinggi juga akan meningkatkan potensi sembelit dan membuat proses pembuangan lebih sulit terjadi.
sumber : https://www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.