by

8 hal yang harus dilakukan sebelum mandi, nomor 1 ternyata sering kita lupakan

-Islami-1,174,000 Views
Insya Allah 2 min read

Sepenggalinfo.com – Mandi merupakan suatu kegiatan yang sudah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari, biasanya kita mandi 3 kali sehari yaitu pada pagi hari,siang hari,dan sore hari. Namun sering kita jumpai kenyataan bahwa banyak orang yang meninggal dikamar mandi karena terkena stroke, hal ini terjadi karena ia tidak mandi mengikuti sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam. Seperti apakah tata cara mandi yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam? Berikut Sepenggal info tentang cara mandi menurut Rasulullah.

Seorang penceramah Proffesor dari Universitas di Malaysia , UITM yang juga terlibat dengan olah raga Negara menasehatkan agar pada waktu mandi yaitu tidak membasahi kepala terlebih dahulu. Hal ini karena apabila kepala dingin dan basah maka darah akan mengalir ke kepala untuk memanaskan kepala, logika warm blooded human dan jika ada saluran darah sempit maka dapat terjadi kondisi saluran darah pecah, ini kerapkali terjadi di kamar mandi sebagai salah satu pemicu stroke.

Berikut cara mandi yang benar dan sehat :

  1. Berdo’a sebelum masuk kamar mandi
  2. Siramkan air di telapak kaki
  3. Kemudian lanjutkan dengan segayung di betis
  4. Segayung di paha
  5. Segayung di perut
  6. Segayung di bahu
  7. Berhentilah sejenak 5-10 detik
  8. Berwudhu

Kenapa kita harus melakukan cara tersebut? Ini karena kita akan merasakan seperti uap/angin yang keluar dari ubun-ubun bahkan meremang. Setelah itu lanjutkan mandi seperti biasanya. Hikmahnya adalah seperti pada gelas yang diisi air panas kemudian  kita isi dengan air dingin, apa yang akan terjadi? Tentu gelas tersebut akan retak?Suhu badan kita cenderung panas dan air itu dingin. Maka yang terjadi saat kita langsung menyiram air ke seluruh badan akan mengakibatkan angin yang harusnya keluar jadi terperangkap dan dapat membawa maut yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.

Kita tentu sering mendapati orang meninggal di kamar mandi atau tiba-tiba terkena stroke , hal ini selain dari gaya hidup yang tidak sehat bisa juga diakibatkan karena cara mandi kita yang salah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

7 comments

  1. Alhamdulillah sih kalau nomor 1 rutin dilakukan. Masalahnya kalau mau mandi saya langsung guyur seluruh badan, gak pake dari kaki hingga kepala. Nice infonya, jadi semakin tahu saya adab mandi yang benar

Artikel lain