by

Mengapa Gaji Bisa Habis Tanpa Kita Sadari?

Sepenggalinfo.com –

Gajian memang sesuatu yangs angat dinanti-nantikan oleh banyak orang. Namun, terkadang banyak orang yang tiba-tiba sudah tidak punya uang beberapa hari setelah gajian. Dan parahnya lagi, mereka tidak tahu kemana uang mereka pergi. Nah, apakah Anda pernah merasakan hal seperti ini? Tentu saja pasti pernah. Hampir semua orang yang pernah gajian pasti pernah mengalami hal yang serupa. Kemudian Anda akan bertanya-tanya pergi kemana saja uang saya selama ini? Memang tanpa disadari, Anda sering melakukan hal-hal remeh yang justru membuat gaji Anda cepat habis! Apa saja hal-hal kecil yang sering membuat gaji Anda cepat habis?

  1. Beli cemilan atau jajan

Untuk yang satu ini memang pengeluaran yang paling banyak. Semua orang suka jajan! Jajan dan cemilan memang penyelamat kita saat kerjaan sedang menumpuk dan Anda sudah merasa pusing. Lalu Anda akan mencari cemilan agar Anda bisa mendapatkan energy tambahan supaya bisa mengerjakan pekerjaan Anda. Memang sebagai selingan, kita pasti akan makan cemilan dan menyetoknya di kulkas. Cemilan juga berfungsi untuk menunda rasa lapar saat Anda belum ingin makan berat. Cemilan juga sangat cocok untuk hadir sebagai teman saat menonton ataupun bersantai. Namun jika Anda terlalu sering membeli cemilan, maka isi dompet Anda juga akan terkuras habias. Hal ini akan semakin parah jika Anda membeli cemilan dalam jumlah yang banyak. Jadi, Anda pasti bisa membayangkan berapa uang yang Anda habiskan hanya untuk membeli jajan.

  1. Kuota internet

Nah, untuk yang satu ini pasti sangat terasa bagi banyak orang. Memang kuota internet sangat dibutuhkan di zaman yang apa-apa serba canggih ini. Namun sayang sekali Anda bekerja di tempat yang tidak menyediakan Wi-Fi sehingga Anda harus menggunakan kuota internet Anda sendiri. Padahal uang untuk membeli kuota cukup menguras kantong, lho. Jika Anda ingin mendapatkan koneksi internet yang cepat, maka Anda pasti akan membeli yang mahal. Sebaiknya Anda gunakan internet seperlunya saja. Memang hal ini akan sangat susah sekali, namun hal ini perlu dilakukan mengingat Anda menjadi boros untuk beli kuota internet. Jika Anda menggunakan internet secara boros untuk urusan pekerjaan sebenarnya tidak apa-apa. Yang salah justru boros kuota karena Anda hanya ingin update di media sosial Anda atau browsing hal-hal yang tidak perlu.

  1. Jadi member di tempat gym

Silahkan saja jika Anda ingin hidup sehat. Justru semua orang memang perlu hidup sehat. Karena itulah banyak orang yang pergi ke tempat gym agar bisa rajin berolahraga sehingga tuuh lebih fit. Namun hal ini akan menjadi percuma saja jika Anda jarang pergi ke tempat gym. Saat rasa malah melanda, tentu saja Anda akan lebih memilih untuk di rumah saja daripada harus berkeringat di tempat gym. Alhasil, biaya bulanan untuk menjadi member di tempat gym akan menjadi sia-sia. Padahal biaya menjadi member di tempat gym ini mahal, lho. Lebih baik Anda olahraga di sekitar rumah saja seperti berjalan kaki selama 30 menit, jogging, atau bersepeda di sore hari. Murah dan sehat!

  1. Sering nongkrong

Kegiatan nongkrong tentu saja menjadi kegiatan wajib bagi para anak muda. Dengan nongkrong dan bertemu dengan teman-teman, maka Anda bisa melepaskan sedikit lelah dan stress selepas kerja. Nongkrong juga bisa dijadikan sebagai hadiah keada diri sendiri karena sudah bekerja keras seharain ini. Namun jika Anda nongkrong terus menerus, maka uang Anda pasti akan terkuras. Apalagi jika tempat nongkrong Anda di tempat yang elite dan pastinya mahal. Tentu saja biaya yang bisa Anda gunakan untuk makan siang beberapa hari akan habis hanya untuk nongkrong sau kali di tempat tersebut.

  1. Biaya parkir

Hal selanjutnya yang membuat uang Anda habis adalah biaya parker. Memang biaya parkir ini sering sekali menghabiskan uang di dompet Anda. Memang uang parkir hanya sedikit saja. Namun jika Anda terlalu sering mampir kemana-mana dan seirng mengeluarkan uang parkir maka sudah pasti yang Anda keluarkan sangat banyak. Jika Anda dalam sehari mampir ke-lima tempat, maka berapa banyak biaya parkir yang Anda keluarkan?

  1. Beli barang yang kurang penting

Hal terkahir yang mengura isi dompet Anda adalah membeli barang yang kurang penting ataupun beli karena lucu. Untuk yang terakhir memang sering dialami oleh kaum Hawa. Banyak wanita yang sering membeli barang dengan alasan lucu. Contohnya membeli baju karena lucu, membeli task arena lucu, namun pada akhirnya kedua barang tersebut jarang dipakai. Belum lagi aksesoris yang lucu seperti bando, gelang, kalung, jepitan rambut, dan masih banyak lagi. Sebelum membeli coba pikirkan baik-baik apakah memang Anda membutuhkan barang tersebut atau tidak. Daripada sudah dibeli namun tidak pernah dipakai maka akan mubazir tentunya.

Ke-enam hal tersebut memang hal-hal yang kecil namun sering dilakukan oleh Anda. Sadar atau tidak, ke-enam hal tersebutlah yang membuat gaji Anda cepat habis saat memasuki pertengahan bulan. Karena itulah Anda harus mencoba untuk mengurangi ke-enam hal tersebut secara bertahap. Anda harus mampu mengganti kebiasaan buruk Anda menjadi kegiatan yang justru menghasilkan uang sehingga lebih bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memertahankan gaji Anda.

  1. Buat anggaran keuangan

Apapun kegiatan yang ada kaitannya dengan uang, maka harus Anda catat di anggaran keuangan. Dengan membuat anggarn keuangan, Anda jadi tahu apakah pemasukan dan pengeluaran Anda salama ini seimbang. Dengan anggaran keuangan pula maka Anda tahu apa saja yang membuat Anda begitu boros sehingga Anda bisa mengurangi kebiasaan tersebut perlahan-lahan. Sebaiknya janganlah memaksakan pengeluaran yang berlebihan karena jika Anda lebih mengutamakan sesuatu yang tidak berguna tersebut, maka Anda akan mengurangi jatah untuk pos yang lain dalam anggaran keuangan Anda. Membuat anggaran keuangan yang ketat sangat diwajibkan sehingga Anda bisa berhemat dan dapat menekan pengeluaran Anda dengan cara yang lebih efektif.

  1. Kendalikan uang Anda

Anggaran keuangan bukan hanya sekedar rencana saja, disinilah Anda harus bisa membuatnya dengan sangat menarik. Anda harus bisa melaksanakan rencana keuangan Anda dengan tertib. Bahkan Anda pun harus bertindak berani untuk segera menjalankan anggaran yang sudah Anda buat tersebut.

  1. Pantau keuangan

Bagaimanapun hebatnya Anda dalam menyusun rencana keuangan Anda, pasti ada kemungkinan yang membuat Anda gagal saat sedang menjalankannya. Karena itulah sangat wajib untuk melakukan beberapa tindaka antisipasi dnegan melakukan evaluasi keuangan Anda. Hal ini tentunya akan mencegah bencana dalam keuangan Anda. Perhatikan kembali pos-pos anggaran mana saja yang benar-benar harus dipenuhi kebutuhannya dan pos yang mana yang dikurangi atau dihilangkan kalau perlu.

Demikian beberapa tips tentang keuangan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, maka ada dua tempat. Yang pertama adalah Monily dan ada pula Lonify pinjaman tanpa kartu kartu kredit.

Facebook Comments

Comment

Leave a Comment

News Feed