IBX598AD75A9DD8A

Lakukan hal ini untuk terhindar dari puting lecet saat menyusui

Lakukan hal ini untuk terhindar dari puting lecet saat menyusui
Image source : http://lactamil.co.id/artikel/puting-lecet-pada-mama-menyusui

sepenggal info – saat pertama kali menjadi seorang ibu tentu ada banyak hal yang harus disesuaikan, mulai dari kebiasaan sehari hari sampai cara mendidik si buah hati agar bisa tumbuh dengan sehat. Memang menjadi seorang ibu adalah tugas mulia bagi seorang wanita, karena sebagaimana yang kita ketahui bahwa dalam islam sendiri adalah istilah Surga dibawah telapak kaki ibu, ini merupakan tanda bahwa kita haruslah menghargai pengorbanan seorang ibu dalam melahirkan hingga mendidik kita hingga dewasa.

Saat melahirkan kita kedunia, seorang ibu rela mempertaruhkan nyawanya dengan melawan rasa sakit saat melahirkan. Ternyata tidak hanya sampai disitu saja pengorbana seorang ibu, ketika kita sudah lahir maka ia juga harus dituntut untuk memberikan asupan gizi yang baik untuk sibuah hati tersayang, salah satunya yaitu dengan memberikan ASI atau Air Susu Ibu dengan cara menyusui sang anak.

Namun, ternyata saat menyusui anak, terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali menyusui anak terdapat permasalahan yaitu rasa sakit saat pertama kali menyusui, apabila rasa sakitnya hanya sebentar saja itu merupakan pertanda normal, namun apabila rasa sakit itu terus berlangsung maka ada yang salah dari cara menyusui atau dari cara si buah hati menyusu. Ini bukanlah perkara sepele jika terus dibiarkan karena bisa menyebabkan puting lecet, bahkan berdarah dan ini memberikan rasa sakit saat menyusui.

Berikut kami sajikan informasi tentang cara mengobati puting lecet saat menyusui yang kami rangkum dari situs lactamil :

  1. bersihkan daerah puting yang lecet sebelum dan sesudah menyusui si buah hati, namun jangan menggunakan cairan alkohol, antiseptic, atau sabun dengan formula yang keras. Ibu disarankan untuk mengusapkan ASI ke daerah puting yang lecet tersebut,karena ASI dapat membantu untuk membunuh bakteri dan kuman
  2. Jangan berhenti menyusui, apabila ibu berpikir bahwa dengan berhenti menyusui si buah hati dapat menghindarkan dari rasa sakit, maka pendapat ibu adalah salah. Selain si buah hati butuh nutrisi ASI yang cukup dari ibu, ternyata dengan tetap menyusui si buah hati dapat meminimalisir gangguan payudara yang lain.
  3. Obati dengan salep lanolin, apabila lecet tercadi pada puting saat menyusui, ada baiknya ibu mengobati dengan salep lanolin yang dapat dibeli di Apotek sektar rumah ibu.
Faktor Penyebab Puting Lecet Saat Menyusui ;
  1. Hisapan dangkal
  2. Trauma breast pump
  3. Sariawan
  4. Lidah terikat (toungue-tie)
  5. Milk bleb (luka melepuh pada payudara)
  6. Puting lecet
  7. Vasospasme (penyempitan otot)

Demikianlah informasi tentang cara mengobati puting lecet saat menyusui

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami, untuk mendapatkan berbagai update informasi terbaru silahkan berlangganan artikel kami sekarang juga

No Responses

Leave a Comment