by

Native American Cultural Performance and Discussion

Sepenggal Info – Program Study Bahasa Inggris UMB bekerja sama dengan Konsulat Jendral Amerika, Rabu, 13 Mei 2015 pukul 09.00 – 12;15 wib bertempat di aula panti asuhan kampus 1 Universitas Muhammadiyah Bengkulu mengadakan acara ” Native American Cultural Performance and Discussion “ . Dalam acara dialog budaya tersebut mereka juga memperagakan budaya mereka, tarian mereka dan pakaian adat mereka, serta dengan memutar sebuah film pendek.

Sebelum acara berlangsung, kehadiran para native speaker tersebut disambut dengan Tari Pembukaan dari Mahasiswa Bahasa Inggris, yaitu Sri Dede Sundari, Sopie Anggraeni, Lecha Devi dan juga dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UMB Bapak Syakroni, wakil rektor 4 UMB ibu Ririn, para dosen bahasa Inggris , Yupika Maryansyah, Sinarman Jaya, Eki Saputra, Kiagus Baluqiah, Wahyudi Badri, Dian Susila, Ria Angraini, Waslu Rachim Safitri dan dipandu oleh MC Dwi Wahyu Putri & Nina Desmita.

tari-persembahanUntuk sekmen Tanya jawab dan diskusi dipandu oleh Moderator Epi Wadison, S.Pd, M.Pd yang berlangsung meriah dan di saksikan dengan penuh antusias oleh mahasiswa yang hadir , hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya dan ingin mengenal lebih lanjut tentang budaya dari Negara Amerika setelah acara berlangsung.

native

“ ini merupakan kegiatan yang kami harapkan bisa berlangsung secara terus menerus , karena sebenarnya ini juga termasuk ke dalam mata kuliah semester 5 yaitu Cross Cultural Understanding yang pada intinya mengharuskan mahasiswa bahasa inggris untuk tahu tentang budaya-budaya yang ada diluar Indonesia,dan hari ini kami mendatangkan langsung Native Speaker dari Amerika “ ucap ketua Prodi Bahasa Inggris Ivan Achmad Nurcholis, S.Pd, M.Pd saat di Tanya oleh pers mengenai kegiatan tersebut.

ivan1

Tidak hanya kegiatan tanya jawab,dalam kesempatan tersebut juga di buka kesempatan bagi mahasiswa Bahasa Inggris yang ingin tahu tentang  beasiswa ke Amerika, para mahasiswa juga begitu antusias menyimak pemaparan yang berlangsung.

Berdasarkan data yang kami dapatkan, kegiatan yang juga dibantu oleh Hima Bahasa Inggris UMB atau ESAMUB ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Bahasa Inggris yaitu dari semester 2 hingga semester 8.

Lantas, seperti apa tanggapan mahasiswa Bahasa Inggris mengenai acara tersebut ?dan apa harapan mereka dari kegiatan tersebut? berikut hasil interview kami :

Menurut Sulianto Saputra, “ Saya Sangat senang dengan acara seperti ini, bagi saya acara seperti ini merupakan salah satu pembelajaran bahasa secara langsung. Mudah-mudahan acara seperti ini bisa berlanjut dengan agenda yang lebih besar dan dengan native speaker yang lebih banyak “

Tak hanya Sulianto Saputra, tim redaksi kami juga sempat melakukan interview dengan salah seorang penari bernama Sri Dede Sundari yang berkesempatan untuk menampilkan tari persembahan dihadapan konsulat jendral serta para native speaker . “ Menarik sekali dan saya bangga bisa tampil dalam acara tersebut, bisa bertemu dan memberikan penghormatan langsung dengan menampilkan tari persembahan yang juga asli dari budaya Bengkulu, harapan saya selanjutnya agar acara ini dapat diselenggarakan lagi di tahun yang akan datang karena acara ini sangat bermanfaat bagi kita semua ,khususnya mahasiswa Bahasa Inggris bisa dengan mengetahui langsung budaya dari Amerika “ .

dukungan yang positive mengenai kegiatan ini juga ditunjukkan oleh Selamat Permono selaku ketua panitia dari kegiatan tersebut, “saya berharap agar acara ini dapat berlangsung dan berkesinambungan serta tidak hanya sebatas perkenalan budaya tapi juga harus mementingkan sisi pendidikan seperti peningkatan info beasiswa agar nanti ada mahasiswa kita yang bisa go internasional lewat beasiswa”

Bagaimana pendapat Anda ? 🙂

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.