IBX598AD75A9DD8A

Panduan Pembuatan Laporan KKN UMB

Panduan Pembuatan Laporan KKN UMB

Sepenggal Info – Secara umum, sistem KKN UMB di bagi menjadi 5 tahapan yaitu, Pendahuluan, tujuan, Penilaian, Laporan, Sistematika Laporan Akhir. Untuk Bab laporan KKN tersebut ada 6 Bab.

A. pendahuluan

kuliah kerja nyata pemberdayaan masyarakat (KKN PM) merupakan kegiatan lapangan bagi mahasiswa yang menempuh tahap akhir dari program pendidikan S1. program ini wajib dilaksanakan bagi mahasiswa karna diyakini program ini mampu mendorong empati mahasiswa dan dapat memberikan sumbangan bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. dengan belajar bersama-sama masyarakat, akan banyak hal baru yang akan ditemui oleh masyarakat. masyarakat akan belajar pada mahasiswa dan sebaliknya mahasiswa akan banyak memperoleh pengetahuan dari masyarakat. interaksi yang seperti inilah yang di harapkan akan muncul dan menjadikan program ini menjadi program yang menyenangkan dan mempunyai manfaat yang signifikan bagi mahasiswa.

demi cita-cita yang mulia itu, pendidikan di perguruan tinggi dilaksanakan dengan cara membekali dan mengembangkan religiusitas, kecakapan, keterampilan, kepekaan dan kecintaan mahasiswa terhadap pemuliaan kehidupan untuk manusia pada umumnya dan masyarakat pada khususnya. pembekalan dan pengembangan hal-hal tersebut terangkum dalam tri darma perguruan tinggi yaitupendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. dalam undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan: “perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”

B. TUJUAN

tujuan dari pelaksanaan KKN PM adalah:

a. Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa.

b. melaksanakan terapan IPTEK secara teamwork dan interdispliner.

c. menanamkan nilai keperibadian :

– al-islam dan kemuhammadiyahan

– nesionalisme dan jiwa pancasila

– keuletan, etos kerja dan tanggung jawab

– kemandirian, kepemimpinan dan kewirausahaan

d. meningkatkan daya saing daerah dan nasional

e. menanamkan jiwa peneliti dan entrepreuners

– eksploratif dan analisis

– mendorong learning community dan learning society

C. PENILAIAN

penilaian akhir peserta KKN (nilai akhir KKN) diberikan berdasarkan penilaian komulatif sejak kegiatan pembekalan hingga kegiatan peserta di desa/kelurahan lokasi KKN-PM. penilaian meliputi, kehadiran dan hasil evaluasi (post test) kuliah pembekalan, kehadiran dan partisipasi selama di lokasi KKN-PM (penilaian DPL dan kepala desa/ tokoh masyarakat). nilai akhir KKN-PM akan di umumkan melalui http://unmuhbengkulu.net/simkkn dan masuk langsung ke dalam lembar hasil studi mahasiswa.

 D. LAPORAN

laporan akhir mahasiswa, sebelum diserahkan kepanitia KKN-PM angkatan V tahun 2014 harus sudah mendapatkan persetujuan/ditandatangani oleh DPL masing-masing. laporan akhir dimaksud harus sudah diterima panitia sesuai jadwal setelah berakhirnya/kepulangan mahasiswa dari kegiatan lokasi KKN-PM.

pelaporan minimal mendeskripsikan:

– Gambaran umum lokasi:

1. Geografi dan Demografi desa/kelurahan

2. sarana dan prasarana desa/kelurahan

3. kehidupan ekonomi, kehidupan keagamaan, dan kehidupan sosial budaya

4. potensi desa/kelurahaan

– peluang, tantangan dan potensi pembangunan desa/kelurahaan

– kegiatan yang direncanakan

– kegiatan yang direalisasikan

– dinamika internal kelompok selama kegiatan KKN

– rekomendasi hasil kegiatan KKN-PM

laporan harus menyertakan lampiran minimal peta lokasi KKN, data kependudukan, foto selama berlangsungnya kegiatan. laporan harus dibuat berdasarkan format laporan sebagaimana terlampir dihalaman akhir panduan ini

E. SISTIMATIKA LAPORAN AKHIR

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I GAMBARAN UMUM LOKASI

  1. Geografi dan demografi desa/kelurahan
  2. Saranan dan prasarana desa/kelurahan
  3. kehidupan keagamaan masyarakat
  4. kehidupan ekonomi masyarakat
  5. kehidupan sosial budaya masyarakat
  6. muhammadiyah dan perkembangannya di desa/kelurahan

BAB II PEMETAAN WILAYAH

(berisi inventarisasi masalah desa/kelurahan hasil lokakarya bersama masyarakat, merumuskan program kegiatan/perencanaan  kegiataan bersama masyarakat, kegiataan, kegiatan dikelompokan berdasarkan bidang-bidang pembangunan)

BAB III REALISASI PROGRAM/KEGIATAN

(bagian ini mendeskripsikan program dan kegiatan yang dilaksanakan, berikut respon/partisipasi masyarakat)

BAB IV EVALUASI PROGRAM DAN KEGIATAN

(bagian ini mengevaluasi proses selama berlangsungnya kegiatan KKN-PM, bauk program dan kegiatan yang direncanakan maupun yang direalisasikan. terutama terhadap program yang tidak dapat direalisasikan, hal-hal yang menjadi hambatan, dll)

 

BAB V DINAMIKA INTERNAL KELOMPOK KEGIATAN KKN

BAB VI REKOMENDASI HASIL KEGIATAN KKN-PM

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Source : umb.ac.id

Baca juga : contoh laporan KKN

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami, untuk mendapatkan berbagai update informasi terbaru silahkan berlangganan artikel kami sekarang juga

No Responses

Leave a Comment