by

Pinjaman modal usaha kecil menengah

Insya Allah 4 min read

Sepenggalinfo.com – Pagi itu disaat matahari belum bersinar dan kicau burung belum begitu jelas terdengar, tiba-tiba saat saya cek handphone ada sebuah pesan masuk, pesan yang tak asing lagi dari nomor handphone teman akrab saya. Dalam pesan tersebut berisi tulisan tentang keinginan dia untuk meminjam uang guna keperluan dia menyelesaikan pendidikan di salah satu universitas di Kota Bengkulu serta untuk modal pinjaman modal usaha kecil menengah yang bisa menambah modal dan penghasilan kedua orang tuanya.

Saat itu saya sempat berpikir keras bagaimana cara menjelaskan kepada dia bahwa sebenarnya saya sendiri juga sedang dalam keadaan ekonomi yang kritis, namun tidak mungkin jika saya menjelaskan begitu saja via pesan whatsapp, akhirnya saya memutuskan untuk mengajak dia bertemu sambil berusaha mencari peluang tempat meminjam uang.

Akhirnya siang hari tiba, kami bertemu dan berbincang hangat di sebuah taman, aku memulai percakapan dengan menanyakan kabar kedua orang tuanya, Alhamdulillah ternyata kabar kedua orang tua teman saya tersebut baik-baik saja.

Lalu, teman saya mulai bercerita kenapa dia terkendala dalam pembayaran keuangan kampus, bukan karena orang tuanya tidak mau membiayai melainkan karena orang tuanya bingung mencari pinjaman modal usaha kecil menengah di daerahnya.

Perbincangan kami berlangsung lama dan menghabiskan beberapa cangkir kopi, lalu pada akhirnya saya teringat tentang sebuah situs untuk pinjaman modal usaha kecil menengah yang mungkin bisa menjadi alternative untuk memberikan bantuan berupa pinjaman kepadanya.

Ya, di situs website tersebut tertulis penjelasan kurang lebih seperti ini :

pinjaman modal usaha kecil menengah

“Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dibedakan dengan mengacu besaran kekayaan bersihnya dari mulai paling banyak Rp50 juta untuk Usaha Mikro, kemudian Rp50 juta sampai Rp500 juta untuk Usaha Kecil, dan Rp500 juta sampai Rp10 miliar untuk Usaha Menengah.”

Wah, tentu saja itu bisa menjadi solusi bagi teman saya tersebut yang sedang membutuhkan Pinjaman Modal Usaha Kecil Menengah agar bisa membantu meringkan kebutuhan hidup dan menambah modal usaha kedua orang tuanya.

Selain itu, ternyata dengan mengajukan kredit pinjaman di sana kita juga ikut berpartisipasi dalam mendorong perkembangan kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia.

Lantas apa saja sih saratnya? Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan pinjaman

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia
  • Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah/telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah

Kita juga harus menyertakan syarat tambahan antara lain

  • Bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah)
  • Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan dokumen legalitas usaha, seperti: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat di mana yang bersangkutan memiliki usaha; atau
  • Surat Ijin Usaha
  • Fotokopi rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir

Lebih lanjut ketika kami telusuri di situs CekAja ada juga penjelasan tentang modal usaha yang dikategorikan menurut tujuannya, pinjaman modal usaha dibedakan menjadi beberapa jenis dan berbagai tujuan. Simak berbagai jenis pinjaman modal usaha:

  • Kredit Modal Kerja

Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory, piutang atau proyek.

  • Kredit Investasi

Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan/atau kebutuhan khusus terkait investasi.

  • Kredit BPR

Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.

  • Kredit KopKar

Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

  • Kredit Syariah

Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).

Akhirnya setelah tahu syarat dan informasinya, teman saya tampak bahagia dan segera menelpon kedua orang tuanya untuk menyiapkan berkas sebagai syarat pinjaman modal usaha kecil menengah.

Senang rasanya ketika bisa membantu memberikan informasi kepada teman akrab saya tersebut, sebab hanya itu yang bisa saya lakukan karena belum bisa membantu secara materil kepadanya.

Beberapa minggu kemudian saya mendapatkan pesan lagi, namun kali ini isinya beda, teman saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan saran tempat meminjam online dan akhirnya bisa membantunya dalam menyelesaikan permasalahan keuangan dan menambah modal usaha bagi kedua orang tuanya.

Cerita di atas bisa juga dialami oleh semua orang tanpa terkecuali, namun jangan khawatir karena ada pinjaman modal usaha kecil menengah yang bisa kita akses di  https://www.cekaja.com/small-business-banking , dengan adanya situs dan informasi tersebut saya harapkan teman teman tidak mengalami hal yang serupa yaitu bingung mencari tempatr pinjaman modal usaha.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment