by

Yuk intip proses pembuatan Abon Lokan khas Desa Riak Siabun

Insya Allah 2 min read

Sepenggalinfo.com –  Jika selama ini kita hanya mengenal abon itu dibuat dari daging sapi, maka lain halnya dengan di Desa Riak Siabun, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma  ini, masyarakat setempat memiliki usaha makanan tradisional khas yaitu Abon Lokan. Rasanya yang menggoda serta perpaduan antara bumbu tradisional meresap hingga ke dalam daging lokan.

Mengutip dari Wikipedia bahwa Lokan (Polymesoda expansa) adalah sejenis moluska dwicangkerang yang banyak terdapat di lumpur pinggir laut. Lokan adalah sejenis haiwan bercengkerang (kerang-kerangan) yang boleh dimakan dan sangat enak.

Apa yang  dilakukan oleh Kelompok Budidaya Ikan (pokdakan) yang ada di Desa Riak Siabun ini tentu sangatlah unik dan kreatif, dengan tangan trampil dibawah pengawasan Dewi Aprida selaku  Pembina sekaligus seorang dosen Universias Ratu Samban ( UNRAS ) Bengkulu Utara ini mereka berhasil mengelola Lokan menjadi makanan khas yang memiliki nilai jual lebih.

Ternyata, untuk bisa menikmati lokan ini hingga menjadi abon membutuhkan waktu yang lumayan lama, namun masalah rasa tentunya tidak akan mengecewakan loh ! Berikut Sepenggal info tentang proses pembuatan Abon Lokan Khas Desa Riabun :

  1. Proses Pengambilan Lokan di Kolam

daging lokan

Lokan yang dijadikan Abon merupakan lokan yang telah dibesarkan dalam kolam penampungan, tidak begitu sulit untuk membuat kolam lokan ini dan kita tinggal memasukan bibit lokan ke dalam kolam dan menunggu hingga lokan besar. Setelah Lokan besar, kita bisa mengambil atau menangkap lokan langsung dari kolam.

2. Membersihkan dan merebus lokan

lokan lorasa

Setelah diambil dari kolam , lokan dibersihkan dengan cara mencuci di air bersih selama beberapa kali kemudian dilanjutkan dengan merebus lokan hingga mendidih dan cangkangnya terbuka.

3. Memisahkan daging lokan dari cangkangnya

abon lokan lorasa
Sejumlah anggota Pokdakan memisahkan daging lokan dari cangkangnya

Tahapan selanjutnya adalah memisahkan daging lokan yang telah direbus dari cangkangnya, butuh ketelitian dan kesabaran ya karena daging lokan ini tidak begitu besar.

4. Memotong Daging Lokan

memotong daging lokan

Setelah dipisahkan dari cangkang, daging lokan harus dipotong kecil untuk mempermudah proses pembuatan abonnya.

5. Memasak daging lokan

memasak daging lokan

Tahapan ini hampir mendekati bagian akhir yaitu memasak daging lokan bersama bumbu yang telah disiapkan antara lain Laos, Ketumbar, Bawang merah dan Serai, Kunyit,dan daun jeruk ditumis hingga meresap lalu tambahkan santan dan tunggu hingga mengering.

6. Mendinginkan daging lokan dengan suhu ruangan

Daging lokan yang telah dicampur bumbu diletakkan dalam wadah lalu didiamkan selama beberapa menit hingga dingin.

7. Mengemas Daging lokan

abon lokan

Tahapan terakhir ini adalah proses mengemas daging lokan yang telah menjadi abon ke dalam plastik, setelah dikemas dan diberi label Abon lokan siap untuk dipasarkan, tersedia 2 kemasan lokan dengan ukuran yang berbeda yaitu kemasan 100 Gram dan 150 Gram.

Itulah tahapan pembuatan abon lokan yang merupakan kuliner khas desa Riak Siabun Kabupaten Seluma yang diberi nama LORASA ini, penasaran seperti apa rasa Abon Lokan tersebut? kamu bisa membelinya langsung dengan menghubungi nomor di bawah ini ya :

Kontak Pemesanan : 0852 6922 9138 a/n Dewi.A

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.