Wisata Pulau Tikus? Yuk kenali lebih dalam tentang Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata

Pulau Tikus
Pesona wisata bawah laut pulau tikus yang menyajikan sensasi berenang bersama ikan nemo dan dori

Sepenggalinfo.com – Pulau Tikus, Bengkulu. Beberapa hari yang lalu tepatnya 17 Agustus 2017 atau bertepatan dengan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 , Komunitas Blogger Bengkulu atau BoBe melakukan perjalanan wisata ke Pulau Tikus. Perjalanan wisata yang disponsori oleh Koperasi Sapta Pesona Wisata ini juga mengusung tema kemerdekaan yaitu BoBe Merdeka. Thomas, selaku ke sekaligus pemilik Koperasi juga dengan tangan terbuka menyambut kedatangan para Blogger, selain itu beliau juga memberikan kesempatakn kepada para Blogger untuk bertanya seputar pulau tikus. Berikut sesi Tanya jawab yang sepenggal info kutip dari WhatsApp dengan Kepala Koperasi Sapta Pesona Wisata yaitu Thomas :

Saya mau nanya ya pak.. Sebagai salah satu destinasi wisata di provinsi Bengkulu, apakah pemerintah sendiri sudah melakukan banyak hal yang membantu memajukan Pulau Tikus ini? Seperti misalnya melakukan pelestarian karang-karang yang ada, ataupun membangun sarana yang memudahkan masyarakat untuk menjangkau Pulau Tikus ini?

Dari pemerintah sendiri menurut saya masih sangat kurang perhatian, seharusnya pemerintah cepat tanggap dengan potensi wisata pulau Ini. Setidaknya bisa menjadi icon wisata yang terintegrasi, seperti pelestrian penyu itu, seharusnya pemerintah menyambut baik dengan adanya aktivis pelestari penyu. Tapi disini pemerintah tak mau tahu.

Pak saya nanya,usaha paket wisata pulau tikus ini sejak kapan ya? Apakah sejak awal bikin emang sudah pakai nama koperasi atau bagaimana?

Usaha pulau dirintis tahun 2010 , Koperasi sendiri berdiri tahun 2013,dulunya usaha biro perjalanan Ini dirintis oleh PT. Surya pesona Java tour travel lalu inventaris usaha rintisan pulau di berikan ke koperasi PT Surya Pesona Jaya.

Saya juga mau tanya bisa dijelaskan lebih detail mengenai paket trip yg ad 6 paket itu, karena masih belum ngeh liat flyernya?

1.paket snorkeling Pp 150 rb/org itu fasilitasi yang kita dapat kan : transport PP, life jacket, assurance, snorkeling, dokumentasi, guide

 

2.paket fun trip Rp 200 rb/org itu fasilitasi yang kita dapat kan : transport PP, life jacket,welcome drink assurance,makan siang snorkeling, dokumentasi, guide

 

3.paket full fasilitasi Rp 200 rb/org itu fasilitasi yang kita dapat kan : transport PP, life jacket,welcome drink assurance,makan siang, bbq/bakar ikan,toilet/kamar bilas snorkeling, dokumentasi, guide dan Untuk paket Ini Kalo peserta kurang dari 8 orang, bisa ambil paket Carter boat, atau bisa konfirmasi jauh hari biar bisa kita Carikan teman tandem nya untuk saling minutupi akomodasi… Bisa juga waktu weekend karena biasanya setiap weekend ada peserta group / peserta perorangan

 

4.paket gathering Rp 350 rb/org fasilitasi yang kita dapat kan : transport PP, life jacket,welcome drink assurance,makan siang, bbq/bakar ikan,toilet/kamar bilas snorkeling,fun game/pelatihan leadership, dokumentasi, guide biasanya paket Ini untuk perusahaan…

 

5.paket menginap Rp 400 rb/org fasilitasi yang kita dapat kan : transport PP, life jacket,welcome drink assurance,makan siang, bbq/bakar ikan,toilet/kamar tidur./tenda, lighting, sound snorkeling, dokumentasi, guide biasanya paket Ini utk peserta min 10 org .

 

6.charter boat Ini biasanya Kalo max org 5 itu  udah include fasilitasi di transport PP, life jacket, assurance, makan siang,,welcome drink, snack, snorkeling, dokumentasi,toilet. Kalo di atas 5 org tidak termasuk fasilitasi toilet, makan siang.

 Di sana di koperasi pak Thomas sebagai apa?

Saya sebagai ketua dan di PT Surya Pesona jaya ini saya sebagai pemilik.

Nanya , alasan pak Thomas bergerak di industri pariwisata kek begini awalnya karena apa. Emang tinggal atau anak pantai tapak Paderi ya?

Tadi nya saya bergerak dibidang tour, ngambilin uang orang Bengkulu terus di habisin di luar jawa-bali dll bwk mahasiswa-pemerintahan, komunikasi dll untuk stadi banding, fieltrip Dsb… Setelah 3 tahun berjalan saya merasa potensi Bengkulu Ini Sangat bagus utk dikembangkan  sehingga saya mencoba mengaplikasikan apa yg saya dapat dari berkunjung di destinasi2 wisata yg sudah Terbangun, saya awali usaha rental sepeda di  Pantai Panjang dan saya Sebagai pelopor rental di sana,namun dikarnakan aturan &  sistem yg blm Terbangun dgn baik akhirnya saya Menarik dari usaha itu, lalu saya coba merintis usaha wisata pulau.

Usaha pulau Ini saya rintis di tahun 2010… Dulu org tidak ada yg mau berkunjung ke pulau, dikarnakan banyak nya mitos tentang pulau, sehingga di tahun pertama uang Dr hasil tour saya gunakan utk membayarkan org2 yg mau berkunjung ke sana dgn tujuan saya bisa mendokumentasikan potensi pulau bersama Mereka, sampai di tahun ke 2 mulai ada yg tartarik berkunjung ke sana tetapi  biaya nya tetap saya subsidi setengahnya Dr total akomodasi.

Kenapa terumbu karang di pulau tikus banyak yang rusak?

Kerusakan terumbu karang lebih banyak diakibatkan aktivitas manusia, duhulunya kita siapkan Lokasi khusus utk kegiatan snorkeling Dan wajib menggunakan life jacket, tetapi setelah muncul operator-operator lain sehingga aturan &  sistem yg sudah Terbangun diacuhkan dan persaingan tidak sehat. Lokasi yg sudah Terbangun Dengan alami dihancurkan, sehingga setiap kali mau melakukan kegiatan snorkeling pihak kami harus membayarkan spot tempat.

Tertarik ingin menggunakan jasa dari Pak Thomas ini? silahkan cek paket dibawah ini ya 🙂

Facebook Comments

6 Responses
  1. author

    Rio Anderta2 months ago

    Paketnya mantap, laen kali ane mo ambil paket yg nginap..hee

    View Comment Reply
  2. author

    apura12 months ago

    Sayang banget terumbu karangnya

    View Comment Reply
  3. author

    Aang verianto2 months ago

    Paket yang menarik,, tertarik ama yg untuk nginap

    View Comment Reply
  4. Ini 7 hal yang bisa kamu nikmati di Pulau Tikus, nomor 3 bikin kamu basah2 weeks ago

    […] Baca juga : Wisata Pulau Tikus? Yuk kenali lebih dalam tentang Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata […]

    View Comment Reply

Leave a Comment