IBX598AD75A9DD8A

Serba-Serbi Persiapan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu

Serba-Serbi Persiapan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu

Sepengalinfo.com – Pernikahan adalah momen yang sakral dan diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Momen penyatuan dua anak manusia di dalam satu ikatan yang sah secara agama dan negara ini menjadi salah satu yang paling dinantikan. Istimewanya momen ini membuat sebagian besar orang mempersiapkannya dengan sangat matang supaya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk momen ini, mulai dari hal yang besar sampai dengan detail-detail kecil yang turut mendukung lancarnya keseluruhan rangkaian acara. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan dari jauh hari sebelum hari-H pelaksanaannya :

  1. Baju Pengantin

Pasangan calon pengantin, khususnya sang calon mempelai wanita biasanya telah memiliki gambaran dan keinginan tersendiri mengenai busana apa yang ingin dikenakan pada hari sakralnya ini. Anda bisa membuat baju khusus ataupun menyewa baju jadi yang siap pakai. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan anggaran, selera serta kemudahan yang Anda inginkan. Persiapkan perihal busana ini dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pernikahan. Jika Anda berencana menjahit baju pengantin, tidak ada salahnya mulai mencari bahan yang akan digunakan untuk baju pengantin Anda. Baju adalah hal penting karena kedua mempelai akan menjadi pusat perhatian dalam sebuah pesta pernikahan. Oleh karena itu pilih dan rencanakan busana pernikahan Anda dengan matang.

Baca juga : Taman Wisata Mangrove Bhadrika, Objek Wisata kekinian

  1. Lokasi

Tentukan di mana Anda dan pasangan akan menggelar acara pernikahan. Bagi umat muslim pernikahan ini meliputi acara akad nikah dan resepsi. Tentukan apakah akad dan resepsi akan dilaksanakan di lokasi yang sama ataukah berbeda. Sekiranya lokasi keduanya berbeda, pilihlah lokasi yang saling berdekatan dan dapat diakses dengan mudah dalam waktu yang singkat. Rencanakan lokasi ini untuk mendukung kelancaran acara Anda. Jika berencana untuk menggelar acara pernikahan di rumah sebaiknya Anda mulai mencari informasi persewaan tenda lengkap dengan segala keperluan lainnya seperti kursi dan lain-lain. Jika Anda berencana menggelar acara di gedung maka mulailah untuk survei lokasi gedung yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda.

  1. Dekorasi

Anda perlu menentukan tema dekorasi untuk pelaminan dan keseluruhan lokasi tempat resepsi pernikahan Anda digelar. Anda bisa menyesuaikan tema dekorasi dengan warna busana pengantin yang telah Anda tentukan sebelumnya. Datangi vendorvendor pernikahan untuk memilih dan berkonsultasi mengenai dekorasi pernikahan impian Anda.

  1. Daftar Undangan

Anda dan pasangan sebaiknya menyusun daftar undangan sejak jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Buatlah daftar undangan dari pihak calon mempelai wanita, orangtua calon mempelai wanita, pihak calon mempelai pria dan orangtua calon mempelai pria. Jika jumlah undangan yang disediakan terbatas, Anda dan pasangan harus mempersingkat daftar tamu undangan. Sesuaikan jumlah tamu yang diundang dengan kapasitas gedung atau tempat Anda menggelar resepsi pernikahan. Jumlah daftar undangan ini nantinya akan digunakan untuk menentukan pemesanan katering, souvenir dan pencetakan undangan.

  1. Katering

Nah, ini merupakan salah satu aspek terpenting dalam menjamu tamu di acara pernikahan Anda. Pastikan seluruh tamu yang datang terjamu dengan baik dengan sajian makanan yang cukup dan enak di lidah. Menentukan vendor katering ini harus dilakukan dengan tepat. Anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk survei dan mencicipi makanan-makanan ke berbagai vendor katering di wilayah Anda. Sesuaikan jumlah makanan akan Anda pesan dengan jumlah undangan yang disebar. Akan lebih baik jika Anda melebihkan sedikit jumlah makanan untuk mengantisipasi jumlah tamu yang datang melebihi ekspektasi. Pastikan seluruh tamu yang datang nantinya memperoleh jamuan yang pantas dan tidak sampai ada tamu yang tidak memperoleh makanan.

  1. Cek Kesehatan

Poin ini penting untuk kedua calon pengantin. Sebelum melangsungkan pernikahan ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan sebagai salah satu persyaratan administrasi ke KUA salah satunya adalah vaksin TT untuk calon mempelai wanita. Selain pemeriksaan wajib, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan lain terkait kesehatan organ reproduksi dan organ tubuh lainnya supaya Anda dan pasangan benar-benar siap. Terbukalah pada pasangan terkait kondisi tubuh masing-masing meliputi penyakit yang diderita, alergi dan hal lainnya. Hal ini akan mempermudah Anda dan pasangan memperoleh solusi dini jika ditemukan ada masalah tertentu.

  1. Souvenir

Printilan ini juga menjadi salah satu yang patut dipikirkan dengan baik. Pemilihan souvenir bisa dilakuakan berdasarkan anggaran, model ataupun kegunaan souvenir. Lakukan survei tempat pemesanan souvenir yang sesuai dengan keinginan Anda, keluarga dan pasangan.Pilih harga yang juga cocok dengan anggaran yang sudah Anda sediakan.

  1. Cincin pernikahan dan mas kawin

Dalam agama islam, mahar atau mas kawin merupakan salah satu syarat sah dari sebuah pernikahan. Mahar ini bisa berupa perhiasan emas, uang atau seperangkat alat sholat. Mahar ini harus Anda bicarakan dengan pasangan sebelumnya, kira-kira apa jenis mahar yang diinginkan oleh calon mempelai wanita yang masih sanggup diberikan oleh calon mempelai pria. Sesuaikan mahar dengan kemampuan dari si calon mempelai pria. Cincin kawin juga menjadi hal yang penting untuk disiapkan. Cincin ini sebagai tanda bahwa Anda dan pasangan sudah terikat dalam satu ikatan suci pernikahan. Anda bisa membeli cincin jadi ataupun memesannya secara khusus.

  1. Kelengkapan Berkas KUA

Ada banyak berkas yang harus dilengkapi sebagai syarat untuk menikah di Kantor Urusan Agama. Anda dan pasangan harus meluangkan waktu secara khusus untuk mengurus segala dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan agar pernikahan dapat dilangsungkan.

  1. Make up

Make up menjadi faktor penting bagi mempelai wanita khususnya. Anda perlu memilih jasa tata rias pengantin yang sesuai dengan selera Anda supaya hasil yang didapatkan pada hari-H sesuai dengan keinginan. Survei vendormake up ini juga bisa dilakukan jauh hari sebelum hari-H. Anda bisa meminta pihak vendor untuk melakukan tes make up terlebih dahulu untuk memastikan riasannya cocok di wajah Anda.

  1. Biaya-biaya lain

Masih banyak hal lain yang perlu dipersiapkan. Anda perlu menyiapkan biaya ekstra untuk keperluan-keperluan lainnya seperti transportasi, penginapan keluarga jauh, konsumsi keluarga jauh dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

Sebuah acara pernikahan memang cukup menyedot banyak biaya. Itulah sebabnya perlu ada tabungan tersendiri untuk menggelar acara pernikahan walaupun sederhana sekalipun. Banyak biaya-biaya yang dikeluarkan untuk hal-hal terkait persiapan pernikahan. Jika Anda mengalami kendala keuangan selama proses persiapan ini ada solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan pinjaman online di dr.rupiah. Pinjaman ini memungkinkan Anda mengajukan kredit sampai dengan 8 juta rupiah yang bisa dibayarkan dalam tempo 30 hari. Selain itu pemberi pinjaman uang pribadi lainnya juga disediakan secara online di pinjaman24.id. Anda bisa memanfaatkan pinjaman mudah tanpa agunan ini jika membutuhkan biaya tambahan guna memenuhi persiapan hari pernikahan spesial Anda.

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami, untuk mendapatkan berbagai update informasi terbaru silahkan berlangganan artikel kami sekarang juga

One Response

  1. Aang veriantoJanuary 27, 2018 at 5:48 amReply

    Jadi pengen melangkah ke jenjang yg lebih ni min …

Leave a Comment

%d bloggers like this: