by

Tetap produktif di tengah wabah Corona

Sepenggalinfo.com – Kemajuan teknologi saat ini semakin mempermudah kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Meskipun di sejumlah daerah sekarang sudah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar seperti di Jakarta, dan terbaru di Lubuk Linggau juga telah menerapkan PSBB guna mengurangi angka positif Covid-19 atau virus Corona di Indonesia.

Bagi wilayah yang tidak menerapkan PSBB tentu saja masayarakatnya harus stay at home dan jangan berkeluyuran keluar rumah. Kalaupun terpasa keluar maka harus memakai masker.

Kebijakan memakai masker ini sudah diberlakukan secara nasional, bahkan ada aturan dan sanksi tilang bagi yang keluar rumah pakai kendaraan namun tidak memakai masker. Widih ngeri bukan?

Kembali lagi tentang Covid-19 atau virus corona, banyak masyarakat awam yang belum begitu memahami apa saja gejala awal virus ini. Mengutip dari situs resmi pemerintahan tentang virus corona, bahwa gejala awal orang yang terjangkit virus ini dapat berupa, pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, sesak nafas (pada kasus yang lebih serius).

Selain mengenali gejala virus corona, kita tentu saja tidak boleh hanya berpasrah diri saja saat harus stay at home melainkan harus tetap produktif.

Beberapa hal aktivitas produktif yang bisa dilakukan selama stay at home karena Covid-19 di antaranya akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Menanam tanaman

Mungkin banyak di antara masyarakat yang memiliki pekarangan yang luas atau tidak termanfaarkan di semping ataupun di belakang rumah. Nah ini merupakan kesempatan emas bagi kita untuk mencoba hobi baru yaitu bertanam. Ada banyak tanaman yang bisa ditanam di pekarangan sekitar rumah, misalkan tanamanan singkong yang ubi dan daunnya bisa dijadikan lauk pauk yang bisa memenuhi aneka menu makanan.

Selain singkong, kita juga bisa menanam cabe rawit atau cabai merah panjang. Caranya cukup gampang yaitu hanya bermodalkan pot atau polibek untuk wadah cabe tumbuh. Bibit cabe ini bisa kita beli di toko pertanian atau di toko yang khusus menjual perlengkapan berkebun.

Tidak hanya singkong dan cabe, kita juga bisa memanfaatkan perkarangan dengan menanam pisang yang mudah ditemukan dan mudah untuk berkembang biak. Memang sih prosesnya lumayan lama sampai bisa berbuah, namun tidak ada salahnya jika kita tanam agar tetap produktif selama wabah Corona berlangsung.

2. Olahraga

Siapa bilang olahraga hanya bisa dilaksanakan di luar ruangan saja, kita tetap bisa berolahraga selama stay at home yaitu dengan bermain bulu tangkis di halaman rumah atau bermain tenis meja dan aktivitas ringan lain seperti berjemur untuk mengeluarkan keringat.

3. Work from home

Sebagai orang kantoran tentu saja selama wabah ini harus Work From Home (WFH) yang mengharuskan kita mengenal teknologi baru seperti aplikasi chatting dan pertemuan via dunia maya seperti video conference dan rapat online. Bagaimana caranya agar tetap produktif? Tentu saja masing-masing harus mencari ide segar dan baru dalam menyajikan materi agar mudah dipahami dan dimengerti. Terutama bagi para guru dan dosen yang harus kuliah online maka ini merupakan kesempatan ema untuk mencari ide dan terobosan baru dalam dunia digital agar tetap produktif selama wabah ini berlangsung.

4. Merapikan rumah

Terkadang selama di luar rumah kita tidam memiliki kesempatan untuk merapokan kamar dan rumah, nah selama wabah ini berlangsung dan penerapan Stay at Home ini dilaksanakan kamu bisa mencoba ide-ide baru untuk merapikan rumah. Merapikannya bisa dengan cara menyusun ulang posisi kamar atau mencari warna baru agar tidak membosankan selama beraktifitas di rumah.

5. Membaca informasi kesehatan

Rutin membaca selain membuat kita banyak tahu tentu saja bisa juga menjadikan kita tetap tenang dalam menghadapi virus ini. Salah satunya adalah membaca artikel kesehatan.

Salah satu situs artikel kesehatan yang lengkap adalah HaloDoc, di situs ini kita bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan terkini seperti informasi tentang gejala Covid-19 atau corona.

selain itu, terdapat juga fasilitas tanya dokter yaitu sebuah fitu yang memungkinkan kita untuk Chat dengan Dokter Umum & Spesialis. Dimana saja, kapan saja.

Demikianlah 4 hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama wabah corona, selain hal di atas yang terpenting dilakukan adalah menjaga kesehatan dengan rutin cuci tangan, etika batuk, serta memakai masker jika harus berpergian keluar rumah.

Semoga kita semua terhindar dari virus Covid-19 ini dan semoga wabah ini segera berlalu agar kita bisa melaksanakan aktivitas seperti biasanya lagi. Aamiin

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 comments