by

Tipe-Tipe Penumpang Kereta Api, Tiru Yang Baik dan Tinggalkan Yang Buruk

Insya Allah 3 min read

Sepenggalinfo.com – Ketika naik kereta api, berbagai tipe penumpang akan kamu temui sepanjang perjalanan. Gerbong kereta yang memuat puluhan penumpang dan ratusan orang dalam sekali perjalanan akan mempertemukanmu dengan berbagai macam sifat manusia yang berbeda-beda.

Banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari tipe-tipe penumpang kereta yang ada di Indonesia. Sebagian di antaranya akan kita bahas di sini dan ingat, ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk agar kita selalu jadi penumpang yang baik dan tak menyusahkan yang lainnya.

Si Penunggu Jadwal

sumber:indonesiatouristnews.com

Tipe penumpang yang seperti ini biasanya datang jauh lebih cepat daripada jadwal kereta api yang akan ia naiki. Dengan jadwal kereta yang sekarang selalu berangkat tepat waktu, tipe penumpang seperti ini selalu diuntungkan. Apalagi jika kota asalnya biasa mengalami macet. Datang sebelum jadwal adalah kunci utama agar tak ketinggalan kereta.

Si Santai

sumber:Dzulfiqar Adefa/flickr

Tipe penumpang yang seperti ini biasanya datang mepet dengan jadwal keberangkatan. Ia tidak mudah panik meski jadwal sudah sangat mepet. Bahkan ketika tiket kereta belum dicetak sekalipun, si santai akan tenang. Sikap santai dan tenang memang boleh, tapi jangan sampai sifat ini membuat kamu ketinggalan kereta ya.

Si Berisik

sumber:illawarramercury.com.au

Tidak hanya rombongan, kadang satu orang penumpang pun bisa jadi sumber keberisikan. Selain sibuk mengajak orang di sekitarnya untuk ngobrol, kadang ada juga penumpang yang selalu merasa ada kesalahan dalam perjalanan yang ia lakukan, sehingga berisik menyampaikan komplain dan mengganggu penumpang lain.

Si Tukang Buang Sampah Sembarangan

sumber:kisspng.com

Diantara beberapa tipe penumpang, mungkin yang satu ini adalah yang paling menyebalkan. Ia bisa menaruh sampah di sembarang tempat, tak hanya di meja tetapi juga di lantai dan bahkan di kursi. Kalau kamu bertemu dengan tipe yang seperti ini, jangan ragu untuk menegur. Tetapi dengan sopan ya.

Sampaikan bahwa kita sebagai penumpang juga harus menjaga kebersihan gerbong kereta. Atau beri contoh untuk menyimpan sampah masing-masing di dalam kantung kresek dan serahkan ke petugas kebersihan agar tempat duduk terasa nyaman.

Si Cuek

sumber:beritagar.id

Banyak penumpang kereta yang bertipe seperti ini. Terutama mereka yang bepergian sendirian, atau mereka yang memiliki sifat pemalu atau memang cuek dari sananya. Biasanya tipe penumpang seperti ini mudah untuk dihadapi. Mereka tidak akan terlalu peduli dengan apa yang orang lain lakukan karena sudah sibuk dengan dunianya sendiri.

Si Pusat Informasi

sumber:idntimes.com

Yang paling menyenangkan dari naik kereta adalah ketika bertemu dengan penumpang yang bak pusat informasi. Ia mengetahui banyak hal dan bisa ditanya mengenai berbagai informasi, termasuk soal info kereta ekonomi terbaru.

Si pusat informasi biasanya banyak membaca dan juga memiliki pengalaman. Mereka juga tak segan berbagi informasi kepada penumpang lain sehingga bisa memberikan pencerahan, terutama untuk yang belum mengetahui info baru tentang kereta api dan masalah lainnya.

Tipe penumpang seperti ini juga bisa jadi teman yang seru selama perjalanan. Berbagai pengetahuan baru bisa kamu dapatkan dari mereka, dan biasanya obrolan akan berlangsung dengan amat menyenangkan.

Nah, kira-kira kamu tipe penumpang yang mana nih? Semoga bukan termasuk yang menyusahkan orang lain ya. Ingat, menjaga kenyamanan selama perjalanan adalah kewajiban semua penumpang. Jika ada yang dikeluhkan mengenai pelayanan, sekarang PT KAI membuka pintu komunikasi dengan banyak cara. Jadi penumpang kereta yang bijak yuk.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel lain