by

Begeghak, tradisi membangunkan orang untuk sahur

-Info, Life Style-4,063,000 Views
Insya Allah 1 min read

Sepenggalinfo.combulan puasa merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh umat muslim diseluruh dunia. Selain karena bulan ini merupakan bulan yang suci, dibulan ini juga terdapat banyak sekali hal-hal atau tradisi menarik yang dapat kamu temui, salah satunya adalah tradisi membangunkan orang ketika sahur atau dalam bahasa serawai disebut dengan Begeghak.

Tradisi begeghak ini sudah dilakukan sejak zaman dulu, begeghak sendiri berguna untuk membangunkan orang-orang yang akan melaksanakan sahur. Tradisi begeghak biasanya akan mulai dilaksanakan pada pukul 2 dini hari, hal ini dalakukan agar para ibu rumah tangga dapat memasak makanan terlebih dahulu sebelum sahur, memang masih terlalu dini hari jika dibandingkan dengan masyarakat dikota-kota yang akan bangun untuk sahur kira-kira pada pukul 4 subuh.

Biasanya dalam suatu desa, orang yang akan begeghak sudah ditentukan oleh kepala desa, mereka juga akan mendapat upah untuk pekerjaaan tersebut. Orang-orang yang begeghak juga akan dibagi menjadi beberapa bagian atau tim agar dapat menyebar untuk membangunkan orang-orang, hal ini dimaksudkan agar begeghak cepat selesai dilakukan. Dalam satu tim biasanya terdiri dari tiga sampai empat orang dan masing-masing orang membawa alat yang berbunyi nyaring, alat-alat untuk begeghak memang tidaklah ditentukan asal bisa menimbulkan suara yang keras maka alat tersebut bisa digunakan untuk begeghak, misalnya kentongan atau gegetuak dalam bahasa serawai, galon air mineral, panci dan lain sebagainya. Mereka biasanya juga akan meneriakkan kata ’sahur’ dengan menggunakan irama dan tempo yang mereka buat sendiri untuk lebih membuatnya menarik dan enak untuk didengar.

Tradisi begeghak ini mungkin hanya dapat kamu temui di daerah Seluma saja. Jadi, jika kamu penasaran dengan tradisi ini cobalah untuk bermalam didaerah Seluma selama bulan ramadhan berlangsung. Kamu pasti akan mendengar suara gaduh seperti musik yang membuat kamu terbangun sektika. Jika kamu mau, Kamu juga bisa langsung ikut begeghak bersama mereka.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

10 comments

  1. Kalo zaman kecil dulu masih ada loh tradisi ini kak di tempat Intan (Bengkulu Utara). Gak tau kalo namanya begeghak. Hehe. Tapi sekarang sih makin jarang. Udah gak ada deng malah. Mungkin di zaman sekarang ini, abis sahur, lebih enak gegoleran sambil main smartphone kali yaa xD

Artikel lain