Yuk intip fitur WhatsApp Bussiness terbaru,apa saja kelebihannya?

whatsApp bisnis

Sepenggalinfo.com –  Meskipun kami telah mendengar tentang WhatsApp Bisnis belakangan ini, namun layanan ini diumumkan secara resmi satu bulan yang lalu dan jika Anda memperhatikan halaman FAQ, Anda akan melihat sebuah survei di mana Anda bisa mendaftar untuk menguji WhatsApp Business. Layanan ini masih dalam pengujian, jadi WhatsApp meminta umpan balik dari penguji awal mengenai penyiapan akun, migrasi data dari aplikasi WhatsApp, tanggapan otomatis, dan analisis mereka yang ada.

Menurut admin sendiri, salah satu fitur keren dan beda dari WhatsApp bussiness atau whatsApp bisnis ini adalah lambang verifikasi hijau yang akan ditampilkan pada profil whatsApp.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp untuk bisnis tersebut? berikut informasi tentang WhatsApp Bussiness atau WhatsApp Bisnis :

  • Mengelola akun Personal dan BisnisAplikasi akan menjadi daftar mandiri di Play Store sehingga memudahkan pengelola akun yang ingin memisahkan antara percakapan pribadi dan bisnis mereka. WhatsApp menjelaskan bagaimana mengelola kedua akun ini tergantung pada beberapa skenario. Jika Anda adalah bisnis kecil dan Anda tergelitik tentang bagaimana segala sesuatunya akan berjalan, saya sarankan Anda membaca detailnya di slide di bawah ini. 

     

    Yang paling menarik bagi saya adalah dukungan nomor telepon rumah. Sejauh yang saya tahu, WhatsApp tidak mendukungnya sekarang, jadi sungguh menakjubkan jika melihatnya datang. Banyak pasien / pelanggan saya ingin menghubungi saya mengenai WhatsApp dan sejauh ini saya harus memberi mereka nomor telepon pribadi saya. Mungkin merepotkan untuk memindahkan mereka kembali ke nomor telepon rumah, tapi setidaknya saya bisa memberi pelanggan baru nomor telepon rumah dan menghindari pengiriman pesan kepada saya melalui nomor pribadi saya.

    Kemampuan untuk menginstal kedua aplikasi secara simultan harus sangat diterima oleh pemilik usaha kecil seperti saya yang sering menerima pemberitahuan pekerjaan di malam hari, atau yang selalu kehilangan apa yang harus dilakukan saat teman-teman menghujaninya dengan pesan selama jam kerja atau saat klien ping mereka terus menerus selama jam penutupan. Memiliki obrolan pribadi dan bisnis yang terpisah dalam dua aplikasi harus mengurangi sakit kepala dari semua manajemen itu.

  • Android app

Aplikasi Android dapat ditemukan di Play Store di tautan ini .Anda mungkin tidak akan dapat melihatnya karena Anda perlu menjadi seorang tester Beta dan itu masih merupakan program pengujian beta pribadi. Ini memiliki ikon yang sama dengan WhatsApp, namun ikon ponsel digantikan oleh huruf besar B – periksa gambar di bagian atas posting ini untuk melihatnya. Setelah diunduh, aplikasi terlihat sama dengan WhatsApp, kecuali satu perubahan: bilah judul mengatakan Bisnis WhatsApp. Ada tab untuk kamera Anda (dan dengan demikian status gambar kerennya), obrolan, status, dan panggilan. Ini semua tarif standar. Perubahan akan mulai muncul saat Anda menuju ke Settings. Di sana Anda akan menemukan dua bagian baru untuk pengaturan Bisnis dan Statistik.

  • Statistik cukup mendasar sekarang.

Anda mendapatkan total pesan yang dikirim, dikirim, dibaca, dan diterima. Ini bukan jenis “analisis” yang saya harapkan dalam aplikasi perpesanan Bisnis, tapi ini mungkin hanya permulaan. Lebih banyak statistik semoga mudah-mudahan segera hadir untuk membantu Anda memahami pertunangan dari pelanggan Anda, responsivitas terhadap pesan, dan metrik penting lainnya untuk bisnis. Sedangkan untuk pengaturan Bisnis, mereka memiliki dua bagian utama sekarang: profil Anda dan pesan jauh. Kita akan mengeksplorasi masing-masing secara terpisah di bawah ini.

  • Profil bisnis anda

Laman utama profil bisnis Anda memiliki gambaran profil yang meluas, nama bisnis Anda, lencana status Verified / Unverified, dan data lain yang Anda masukkan. Ini pada dasarnya adalah apa yang akan dilihat pelanggan saat mereka menambahkan Anda dan mencoba menghubungi Anda. Ketuk ikon pensil di kanan atas dan Anda dapat mengubah rinciannya. Ini termasuk menambahkan lokasi, kategori / tag, deskripsi bisnis Anda, alamat email, dan satu atau beberapa alamat situs web yang Anda inginkan untuk mengarahkan orang.

  •  Away Messages

Pesan yang akan ditampilkan saat anda sedang jauh adalah respons otomatis yang akan didapatkan pelanggan saat mereka mencoba menjangkau Anda dan Anda tidak tersedia. Anda dapat mengaturnya untuk on, off, atau jadwal. Pesan dapat dipersonalisasi untuk menyertakan teks yang Anda inginkan (+ emoji!). Sedangkan untuk penjadwalan, ini cukup sederhana sekarang. Anda dapat menetapkan tanggal dan waktu mulai dan akhir, tapi saya harap ini akan membaik. Pilihan berulang seperti setiap hari atau setiap hari Sabtu dan Minggu misalnya harus dimungkinkan, dengan cara itu Anda tidak perlu menyalakannya secara manual setiap malam atau setiap akhir pekan. Dan itulah yang telah kami temukan sejauh ini yang berbeda antara Bisnis WhatsApp dan aplikasi reguler. Untuk sebagian besar, sisa aplikasi tidak berubah, namun mungkin ada lebih banyak fitur tersembunyi untuk bisnis hanya saat Anda memulai obrolan atau mendapatkan pemberitahuan misalnya.

Itu merupakan fitur dari sisi pengguna, lantas seperti apa saja tampilan WhatsApp Bisnis ini bagi para pelanggan atau calon konsumen?

Dari sisi pelanggan

Bila pelanggan Anda menambahkan nomor bisnis ponsel Anda dan mencoba mencapainya, mereka akan melihat briefing kuning untuk enkripsi end-to-end (juga terjadi dengan obrolan pribadi biasa) serta briefing pop-up dan kuning bahwa mereka berbicara dengan akun bisnis dan belum diverifikasi. Jika mereka memeriksa profil Anda, mereka akan melihat semua detail yang telah Anda terapkan secara manual di profil bisnis Anda: gambar, status verifikasi, lokasi, kategori, alamat email, alamat web, dan sebagainya.

Jadi apa yang Anda pikirkan? Mungkin Bisnis WhatsApp bukanlah sesuatu yang akan banyak Anda gunakan, tapi jika Anda tinggal di negara di mana semuanya terjadi di WhatsApp, Anda pasti akan menemukan bisnis yang menggunakannya di beberapa titik dan mungkin Anda memiliki pemikiran tentang bagaimana seharusnya: Menangani transisi ini ke akun Bisnis.

Sebagai pemilik usaha kecil, saya suka apa yang saya lihat. Saya sangat terkejut dengan penambahan dukungan darat dan kemungkinan banyak kemungkinan pengelolaan akun, tapi saya mengharapkan analisis yang lebih baik, penjadwalan yang lebih baik, dan fitur yang lebih bermanfaat di masa depan.

Sayangnya, WhatsApp untuk Bisnis ini masih dalam versi Beta Tester, bagi kamu yang berminat untuk menooba aplikasi ini bisa mengikuti survey berikut ini , dan jika kamu terpilih maka kamu bisa melihat tampilan yang berbeda pada playstore yang bisa kamu temui disini.

Artikel ini dicari dengan kata kunci :

Cara agar akun whatsApp bisnis terverifikasi

Cara verifikasi akun whatsApp

WhatsApp for Bussiness

WhatsApp untuuk bisnis

Fitur WhatsApp Bisnis terbaru

Cara mendapatkan verifikasi hijau pada whatsApp

Download WhatsApp bisnis

Download WhatsApp for bussiness

Kelebihan dan kekurangan whatsApp bisnis

 

Referensi :

  • http://www.androidpolice.com/2017/10/06/first-look-whatsapp-business-android-app-landline-number-registration-multiple-accounts-options/
  • https://faq.whatsapp.com/general/26000052?lang=id

 

Facebook Comments

One Response
  1. Kena retas, Situs berita Acehselatan.com tampilkan gambar iklan dewasa | Sepenggal info7 days ago

    […] baca juga :Yuk intip fitur WhatsApp bisnis terbaru […]

    View Comment Reply

Leave a Comment