by

Ini 6 wisata dengan unsur sejarah di Penang yang harus kamu kunjungi

Insya Allah 4 min read

Sepenggalinfo.com – Berkunjung ke suatu daerah tertentu merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri dari segala rutinitas yang membuat pusing dan capek. Jika di Indonesia terdapat begitu banyak objek wisata local yang begitu indah, begitu juga dengan kawasan Negara tetangga kita yaitu Penang, Malaysia ini juga memiliki tempat wisata yang kece badai untuk kamu datangi.

Melansir dari Wikipedia,Penang atau Pinang merupakan salah satu negara bagian federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia dan beribukota di George Town. Wilayah ini terdiri dari Pulau Penang itu sendiri dan Seberang Perai.

Perjalanan menuju Penang dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu darat atau udara. Dari Kuala Lumpur membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam menggunakan bus atau mobil; 3,5 sampai 4 jam dengan kereta api ETS (Electric Train Service); dan hanya 30 menit apabila naik pesawat dari KLIA atau KLIA2.

Kami sarankan agar kamu mencari hotel di Penang sebagai tempat menginap, karena untuk menjelajahi objek wisata sudah pasti tidak cukup dalam satu hari saja. Kalau kamu datan ke sana namun bingung memilih tempat wisata apa saja yangharus dikunjungi, berikut kami berikan beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat ke Penang.

  1. Penang Hill

Buat kamu yang berkunjung ke Penang, rasanya tidak lengkap kalau tidak datang ke lokasi ini. Penang Hill ini merupakan salah satu tempat wisata di Penang yang mempunyai beberapa tempat menarik untuk dikunjungi seperti Owl Museum, tempat yang juga dikenal dengan sebutan nama Bukit Bendera ini juga menawarkan udara yang sejuk sehingga dengan mudah menjadi tempat wisata favorit di Penang.

Merujuk dari kamus bahasa inggris, Hill memiliki aeti bukit/perbukitan, jadi bisa ditebak dong apa itu Penang Hill? Yups, benar sekali, Penang Hill adalah kawasan perbukitan yang bisa ditempuh dengan menaiki Penang Hill Railway yang merupakan sebuah Kereta yang beroperasi dari pukul 9 pagi sampai dengan jam 11 malam dan hanya merogoh kocek sebesar 30 ringgit. Di salah satu sudut Penang Hill terdapat tulisan yang bikin kalian gak nyesel berkunjung ke sini, yaitu “You’ve never been to Penang unless you’ve been to Penang Hill”.

 

  1. Penang Bridge

Jembatan kedua (Penang Second Bridge) kemudian dinamakan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Diambil dari nama Yang di-Pertuan Agong (kepala negara Malaysia) saat itu, dan memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara sekaligus menjadi landmark Pulau Penang. Perlu kamu ketahui bahwa Penang Bridge ini adalah salah satu jembatan yang paling panjang di dunia. Dengan panjang lebih dari 13,5 KM, Penang Bridge adalah sebuah jalan bebas hambatan yang menghubungkan Seberang Prai di daratan Malaysia dan Bayan Lepas di pulau Penang dan resmi dibuka pada tahun 1985.

 

  1. Sri Mahamariamman Temple

Berlokasi di George Town, Penang, Sri Mahamariamman Temple adalah sebuah tempat wisata di Penang yang paling menarik perhatian. Kuil yang merupakan kuil Hindu tertua di Penang ini menawarkan kemeriahan ornamen kebudayaan India kuno dengan banyak patung dewa-dewi Hindu. Harga tiket masuk Sri Mahamariamman Temple adalah gratis. Selain itu Anda juga bebas memotret seluruh sudut Sri Mahamariamman Temple, kecuali area altar utama. Tempat wisata ini buka dari jam 6.30 pagi sampai dengan jam 12 siang, dan dari jam 4.30 sore sampai dengan jam 9 malam.

 

  1. Kek Lok Si Temple

Daya tarik dari mengunjungi kuil ini adalah pagoda tujuh tingkat yang memiliki 10.000 patung Buddha pualam dan perunggu. Pengunjung dapat mendaki ke puncak pagoda menggunakan tangga yang curam dan dapat melihat pemandangan Penang. Kek Lok Si Temple yang berlokasi di Air Itam, Penang adalah kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil yang berusia lebih dari 1 abad ini berada di sebuah bukit yang indah dan mengadopsi gaya kuil di Thailand dengan campuran ornamen khas China yang rumit. Kuil ini dapat dicapai dengan menggunakan bus umum dari George Town dan Saat terbaik mengunjungi Kek Lok Si adalah pada perayaan Imlek di mana kuil akan berhiaskan ribuan lentera gantung bercahaya.

  1. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis adalah sebuah benteng yang dibangun oleh Perusahaan Hindia Timur Britania pada akhir abad ke-18 di pantai timur laut Pulau Pinang, Malaysia serta merupakan salah satu tempat wisata di Penang yang berusia paling tua sebab dibangun pada tahun 1786, awal dibangunnya benteng ini yaitu untuk mempertahankan kekuasaan Inggris namun pada akhirnya benteng ini lebih berfungsi sebagai pusat administrasi dari pada sebagai benteng pertahanan. Bagi kamu yang melihat peninggalan sejarah Penang, seperti lampu kuno, kapel, penjara, sampai dengan meriam maka tidak ada salahnya mencoba dating ke sini.

 

  1. Plaza Gurney

Plaza Gurney atau Gurney Plaza adalah pusat perbelanjaan di George Town, Penang, Malaysia. Terletak di Gurney Drive dan dibuka pada tahun 2001 dan sekarang dikelola oleh CapitaMalls Asia, anak perusahaan dari CapitaLand yang berbasis di Singapura . Tempat ini cocok bagi kamu yang suka berbelanja, karena di sini terdapat banyak toko oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke tanah air.  Tempat ini buka hari senin-minggu pukul 10 pagi hingga puku 10 malam hari.

Nah, demikianlah 6 tempat wisata di penang yang memiliki unsur sejarah  yang wajib kamu kunjungi, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menghabiskan weekend.

O iya, supaya kamu nggak repot nyari hotel di sana, admin sarankan agar kamu menggunakan aplikasi PegiPegi untuk booking hotel. Dengan berbagai fitur lengkap yang akan mempermudah perjalanan kamu, PegiPegi memiliki customer service yang siap melayani kamu 24 jam, tampilan aplikasi yang bersahabat dan mudah dipahami, serta tersedia fitur rating dan review dari hotel yang akan kamu pesan.

Pembayaranpun sangatlah mudah sebab kamu bisa transfer bank melalui ATM, perbankan online, kartu kredit, hingga cicilan 0%. Selain itu,kamu juga dapat mengunjungi Alfamart atau Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran secara tunai.

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.