by

Macam-Macam Usaha Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Sepenggalinfo.com – Di zaman sekarang memang pendidkan anak menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh orang tua. Oleh karena itu tidak heran jika banyak wanita berkeinginan untuk menjadi ibu rumah tangga agar dapat mendidik dan mengawasi anak-anak secara langsung.

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya diam di rumah mengerjakan tugas domestik saja, ternyata ibu rumah tangga juga bisa tetap mandiri dan produktif dengan sedikit kreativitas. Anda yang sudah atau baru berencana untuk berprofesi sebagai ibu rumah tangga sebaiknya mulai pikirkan ide mengenai macam-macam usaha kecil yang bisa Anda lakukan di sela kewajiban mengurus rumah dan keluarga. Mengisi waktu dengan menjalankan usaha ini selain dapat membuat Anda tetap kreatif juga dapat membantu menambah penghasilan keluarga.

Semakin tingginya kebutuhan hidup memang harus diikuti dengan penghasilan yang sebanding agar kebutuhan keluarga dapat selalu terpenuhi. Anda bisa mencoba beberapa jenis usaha rumahan di bawah ini untuk mengisi waktu senggang Anda:

– Bisnis toko online
Saat ini hampir seluruh masyarakat memiliki telepon selular dan media sosial. Kecanggihan teknologi ini dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan berbagai produk melalui media sosial Anda. Jenis usaha ini banyak ditekuni ibu-ibu rumah tangga dan terbukti cukup menghasilkan asalkan Anda konsisten dan serius dalam menekuninya. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini pun sangat minim, bahkan bisa tanpa modal melalui sistem dropshipper.

Jika Anda berniat untuk membuka toko online, pilihlah jenis produk yang sekiranya banyak diminati dan tidak musiman. Produk-produk yang akan selalu dicari oleh masyarakat ini contohnya produk fashion baik pakaian, kerudung maupun sepatu. Kebutuhan masyarakat akan fashion ini akan selalu ada dan tidak akan hilang asalkan Anda bisa cermat dalam mengikuti selera pasar.

– Buka toko kelontong
Apabila Anda memiliki sedikit modal dan ruang di rumah, usaha toko kelontong juga cukup menarik untuk ditekuni. Apabila modal yang Anda miliki tidak begitu besar, Anda bisa membatasi jenis barang yang Anda jual, pilihlah barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako, peralatan mandi dan cuci maupun jajanan anak. Jika Anda tinggal di pemukiman yang tergolong cukup ramai, usaha kelontong ini dapat cukup menjanjikan.

– Buka jasa terima jahitan
Bagi Anda yang memiliki keterampilan menjahit, tidak ada salahnya membuka diri untuk menerima jasa jahit dari tetangga-tetangga di sekitar Anda. Anda bisa mulai pasang papan penunjuk di depan rumah untuk memulai usaha Anda. Menerima jasa jahit pakaian ini lumayan menjanjikan terlebih di musim-musim seperti awal tahun ajaran baru maupun menjelang hari raya.

– Bisnis jual beli pulsa
Pulsa sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Anda dapat memanfaatkan permintaan pulsa yang tinggi ini dengan menyediakan layanan penjualan pulsa dari berbagai provider layanan telekomunikasi. Pada awalnya Anda bisa menawarkan usaha penjualan pulsa Anda kepada tetangga dan orang-orang sekitar, apabila sudah memperoleh modal usaha Anda bisa mulai membuka counter sendiri agar penjualan dapat semakin meningkat.

Ternyata menjadi ibu rumah tangga juga tidak membatasi Anda untuk tetap produktif dan menghasilkan. Memang diperlukan ketekunan dan niat yang kuat untuk dapat sukses membangun usaha dari nol. Buatlan manajemen usaha yang baik agar usaha Anda dapat berputar dan menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan. Apabila Anda dihadapkan pada masalah pengadaan modal usaha jangan lekas menyerah, carilah solusi agar usaha Anda tetap dapat berjalan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

8 comments

  1. Ibu rumah tangga itu orang hebat, mereka menyebut dirinya tidak bekerja , padahal jika dirunut pekerjaanya tidak pernah habis-habisnya. Salut pada ibu-ibu.

Artikel lain