by

7 Hal Penting Ini Harus Kamu Perhatikan saat Memilih Jam Tangan

Insya Allah 3 min read

Sepenggalinfo.com – Ketika kamu ingin membeli arloji atau jam tangan original, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah pilih. Selain harganya yang di atas rata-rata, kualitas yang diberikan pun setara dengan harga yang ditawarkan. Nah, agar kamu tidak salah membeli, berikut tips memilih jam tangan original sebelum kamu membelinya.

1.   Bahan Jam Tangan

sumber : pinterest.com

Biasanya keaslian jam tangan bisa dilihat dari bahan yang digunakan. Salah satu jenis bahan yang sering digunakan adalah stainless steel. Meskipun beberapa jam tangan menggunakan bahan tersebut, keaslian jam tangan menggunakan bahan campuran besi yang padat.

Untuk jam tangan mewah, seperti merk Patek Philippe dan Rolex biasanya menggunakan jenis logam 904L yang terkenal sebagai logam yang padat dan berkualitas tinggi. Ada baiknya kamu menghindari memilih jam tangan dengan logam jenis 316L, karena jenis ini menjadi bahan jam tangan yang paling banyak ditemukan di pasaran.

2.   Jenis Kaca yang Digunakan

sumber : jamtangan.com

Jenis kaca yang digunakan menjadi salah satu komponen jam tangan yang perlu Kamu perhatikan. Komponen ini angat penting karena kaca menjadi komponen yang lebih sering terbentur. Agar jam tangan lebih awet, ada baiknya kamu memilih jam tangan dengan kualitas kaca terbaik.

Baca juga : Website Sepenggal info raih penghargaan IWA 2017

Umumnya, terdapat dua jenis kaca yang biasanya digunakan dalam pembuatan jam tangan. Pertama, jenis mineral glass yang biasanya digunakan untuk serian jam merek Daniel Wellington. Jenis kaca ini cukup keras, sehingga tidak mudah pecah. Tetapi, jenis mineral glass lebih mudah tergores benda tajam.

Sedangkan untuk jenis sapphire crystal merupakan kaca yang tidak mudah tergores, sehingga lebih awet. Biasanya jam tangan merek Seiko menggunakan kaca jenis ini dan terlihat lebih mewah.

3.   Brand Jam Tangan

sumber : 4muda.com

Salah satu cara mudah memilih jam tangan original adalah terlihat dari brand-nya. Kamu bisa memastikan keaslian jamnya, jika jam tangan tersebut memiliki brand yang jelas.

4.   Berat Jam Tangan

sumber : tribunnews.com

Biasanya jam tangan yang berkualitas baik akan memiliki berat di bagian bracelet dan watch case. Hal ini dikarenakan bahan pembuatan yang menggunakan stainless steel berkualitas yang membuat jam tangan yang dipakai semakin berat. Meskipun begitu, ada beberapa jam tangan yang memiliki berat yang cukup ringan, seperti merek Daniel Wellington ataupun jam tangan yang terbuat dari titanium.

5.   Pengait Jam Tangan

sumber : shopee.co.id

Pengait jam tangan atau locking deployant merupakan komponen yang krusial karena setiap hari akan terus dibuka dan ditutup. Biasanya jenis jam tangan berkualitas menggunakan bahan metal bracelet dengan model double lock. Pengait yang seperti ini biasanya terdiri dari 2 bagian dan lebih awet dalam jangka waktu yang lama.

6.   Logo Crown

sumber : jamtangan.com

Keaslian jam tangan bisa dengan melihat crown atau sekrup pemutar utama pada jam tangan. Biasanya akan ada logo tertentu pada komponen ini yang menandakan keaslian jam tangan yang dibuat. Komponen ini bisa kamu lihat dengan detail, karena biasanya pemalsu jam tangan tidak membuat jam sedetail aslinya.

7.   Harga Jam Tangan

sumber : shopee.co.id

Salah satu indikator untuk melihat keaslian jam tangan adalah dengan melihat harganya di pasaran. Jam tangan yang asli biasanya memiliki harga yang konsisten di pasaran. Selain itu, harga penjualan di toko offline maupun toko online tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu membeli jam tangan original. Dengan memperhatikan beberapa komponen di atas akan menghindarkan dari membeli jam tangan palsu yang akan merugikan kamu, baik secara finansial maupun fungsi kegunaan.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.